Breaking News:

Kabar Gresik

Satu Bumdes Di Gresik Kembangkan Usaha Air Minum Dalam Kemasan, Siap Gebrak Pasar AMDK

Usaha AMDK yang diberi nama Gajero ini diambil dari nama sumur tua di desanya sekaligus pelestarian budaya leluhur.

Editor: Achmad Amru Muiz
TribunJatim.com/Willy Abraham
Wabup Gresik, Qosim minum AMDK milik Bumdes Pangkah Kulon bersama masyarakat, Sabtu (27/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Willy Abraham

SURYAMALANG.COM, GRESIK - Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Ujungpangkah Kulon membuka unit usaha air minum dalam kemasan (AMDK). Usaha tersebut merupakan yang pertama di Kabupaten Gresik.

Warga Desa Pangkah kulon diharapkan menggunakan AMDK ini di rumahnya. Meski baru produksi dalam bentuk minuman gelas warga desa bisa menjadi agen.

Kepala Desa Pangkah kulon, Ahmad Fauron mengatakan, pengembangan unit usaha desa AMDK sendiri untuk memenuhi kebutuhan air bersih siap minum di masyarakat. AMDK yang diberi nama Gajero ini diambil dari nama sumur tua di desanya sekaligus pelestarian budaya leluhur.

"Sumur yang paling tua di pangkahkulom dan di pakai minum semua masyarakt di pangkah kulon adalah Gajero dan ini kita pakai kembali sehingga kita mengenang jasa-jasa leluhur kita," ujar Fauron, Sabtu (27/4/2019).

Nantinya, menurut Fauron, distribusi AMDK Gajero tidak hanya di wilayah Pangkah kulon saja bahkan keluar Kecamatan Ujungpangkah. "Target kami tahun depan muncul kemasan botol hingga galon," tambahnya.

Acara launching sendiri dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Gresik, M Qosim. Selain AMDK, Desa Pangkah kulon juga melaunching salah satu icon sederhana yakni, pintu gerbang Lawang Agung.

Masyarakat diajak berjalan santai terlebih dahulu lalu minum AMDK Gajero bersama Qosim. Berbagai hadiah menarik juga disiapkan untuk menyemarakkan.

Sementara Wabup Gresik, Qosim mengaku bangga dengan desa yang berada di ujung paling utara di Kabupaten Gresik. Desa Pangkahkulon dinilai mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Yang pertama Gapura, untuk menghormati leluhurnya Gapura Lawang Agung karena dibalik pintu tersebut merupakan tempat pemakaman umum (TPU). Kedua adalah menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, pemerintah desa melaunching AMDK Gajero.

"Dari 356 desa lurah di Kabupaten Gresik baru desa Pangkah kulon yang mempunyai produk AMDK luar biasa bagus waktunya menjelang ramadhan," jelasnya.

Dikatakan Qosim, hal itu selaras dengan program pemerintah Kabupaten Gresik yang ingin membuat setiap desa memiliki satu sumur bor untuk pemenuhan air bersih namun belum terwujud.

"Kemarin mendapat bantuan dari Jakarta hanya enam titik. Tanpa di bantu Pangkah kulon mampu memberikan jawaban terhadap kebutuhan masyarakat," tambahnya.

Inisiatif yang dilakukan Desa Pangkah klulon membuat Qosim mengajak para pelayan masyarakat di tingkat Kecamatan hingga Desa untuk belajar ke Pangkahkulon.

"Kami nanti akan menyampaikan kepada kecamatan atau desa-desa untuk melakuka studi banding di Pangkah kulon," tuturnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved