Kabar Jombang

PKB Jombang Lapor ke Nadhlatul Ulama, Klaim Kuasai 10 Kursi DPRD Jombang

Meski KPU Jombang belum secara resmi menetapkan hasil Pemilu 2019, namun Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sudah merilis hasil pemilu versi internal.

PKB Jombang Lapor ke Nadhlatul Ulama, Klaim Kuasai 10 Kursi DPRD Jombang
sutono
Ketua DPC PKB Jombang Masud Zuremi (kiri) menyerahkan tali asih kepada Ketua PCNU Jombang KH Salmanudin Yazid. 

SURYAMALANG.COM, JOMBANG – Meski KPU Jombang belum secara resmi menetapkan hasil Pemilu 2019, namun Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sudah merilis hasil pemilu versi internal. 

Berdasarkan rekapitulasi perhitungan suara yang dari Form C1, DAA1 dan DA1 yang berasal dari seluruh saksi PKB, PKB mengklaim mendapatkan 10 kursi di DPRD Jombang.

Bahkan PKB mengklaim sebagai juara atau pemenang Pemilu 2019 di Jombang. Memang, perolehan 10 kursi di DPRD Jombang tersebut sama dengan yang diraih PDIP setempat. Namun secara perolehan suara, jumlah suara yang diraih PKB lebih banyak ketimbang PDIP.

"Dengan total perolehan 145.484 suara, PKB mengungguli PDIP yang meraih 143.033 suara," kata Ketua DPC PKB Masud Zuremi, saat melaporkan hasil pemilu kepada pengurus PC Nahdlatul Ulama (NU) Jombang di gedung PCNU setempat, Selasa (30/4/2019).

Hadir dalam pertemuan di gedung PCNU yang baru diresmikan pekan lalu tersebut Ketua PCNU KH Salman Yazid, dan sejumlah calon anggota DPRD Jombang dari PKB.

Capaian PKB kali ini merupakan kenaikan ketimbang pemilu 2014 lalu. Pada pemilu 2014, PKB mendapatkan 8 kursi di DPRD Jombang, di bawah perolehan PDIP.

“Ada peningkatan dua kursi jika dibanding pemilu 2014. Karena pemilu 2019 ini kita mendapatkan 10 kursi. Kami pemenang dalam Pemilu 2019 di Jombang,” jelas Masud Zuremi kepada SURYAMALANG.COM.

Masud optimistis, hasil penghitungan yang dilakukan PKB tidak akan beda dengan KPU. Pasalnya, data yang dikantongi parpol tersebut berasal dari saksi di seluruh TPS.

Sudah begitu, PKB juga sudah mengantongi form C-1, DAA1 dan DA1. Form C1 merupakan hasil rekapitulasi di tingkat TPS. Sedangkan DAA1 hasil rekapitulasi suara tingkat desa, dan DA1 hasil pleno rekapituasi suara tingkat kecamatan.

Ketua DPC PKB Masud ini menyebut, hasil yang cukup gemilang itu disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya soliditas pengurus PKB mulai dari tingkat cabang, anak cabang, hingga ranting. “Para Caleg di lapangan juga bekerja keras,” tandasnya.

Halaman
12
Penulis: Sutono
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved