Kabar Surabaya

Putra Bupati Pacitan Lolos ke DPRD Jatim Lewat Demokrat, Adik Arumi Bachsin Gagal Lewat PAN

Daerah pemilihan yang meliputi kabupaten Pacitan, Trenggalek, Ponorogo, Ngawi, dan Magetan ini didominasi beberapa figur baru.

Putra Bupati Pacitan Lolos ke DPRD Jatim Lewat Demokrat, Adik Arumi Bachsin Gagal Lewat PAN
fb/dianaamaliyahverawatiningsih
Diana Amaliyah Verawatiningsih, peraih kursi ke-12 DPRD Jatim dari PDI Perjuangan untuk dapil Jatim ) Jatim IX dengan perolehan 31.032 suara. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA – Hasil rekapitulasi pemilihan legislatif untuk DPRD Jatim dari daerah pemilihan (Dapil) Jatim IX memberikan kejutan.

Daerah pemilihan yang meliputi kabupaten Pacitan, Trenggalek, Ponorogo, Ngawi, dan Magetan ini didominasi beberapa figur baru.

Dari 12 kursi yang diperebutkan, PDI Perjuangan berhasil mengunci tiga kursi sekaligus meningkatkan perolehan kursi dibandingkan padapemilu 2014 silam yang baru mendapat satu kursi. Sebab, PDI Perjuangan mendapat 391.538 suara pada pemilu kali ini.

Selain PDI Perjuangan, Partai NasDem juga sukses meningkatkan jumlah kursi. Dari yang sebelumnya tak mendapatkan kursi sama sekali, kini menjadi dua kursi. Satu kursi direbut Mirza Ananta, mantan anggota DPRD Samarinda, Kalimantan Timur yang sebelumnya berada di Fraksi Gerindra.

Sementara Demokrat kembali mempertahankan dua kursi di DPRD Jatim. Adalah Sri Subiati dan Eko Prasetyo Wahyudiarto yang menjadi delegasi Demokrat kali ini. Eko Prasetyo yang juga putra Bupati Pacitan, Indartato ini melenggang ke DPRD Jatim berstatus debutan dengan menyandang peraih suara terbanyak dari Kabupaten Pacitan (64.182 suara).

Selain Eko Prasetyo, Fraksi Golkar juga mengirimkan ”perwakilan baru” di dapil ini. Sekretaris DPD Golkar yang juga Ketua Fraksi Golkar di DPRD Jatim, Sahat Tua Simandjuntak sukses meraih kursi keempat dari dapil ini dengan menjadi peraih suara terbanyak di partainya.

Sebelum menjadi perwakilan Jatim IX, Sahat menjadi anggota DPRD Jatim dari dapil Surabaya-Sidoarjo.

Namun, dari beberapa petahana, ada pula yang gagal lolos di DPRD Jatim kali ini. Misalnya saja Suli Da’im, Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim dari Fraksi PAN.

Meskipun menjadi caleg dengan suara terbanyak di partainya, Suli gagal lolos setelah suara partainya baru mencapai 3,81 persen suara.

Tak hanya Suli, rekan separtainya, Alila Bachsin, juga demikian.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved