Kabar Surabaya

Emil Dardak Siapkan Pilot Project Millenial Job Center, Wadah Kembangkan Karir Era Gig Economy Jatim

Wadah pengembangan karir generasi millenial di era gig economy ini digadang bakal menjadi terobosan baru dalam mengurangi angka pengangguran di Jatim.

Emil Dardak Siapkan Pilot Project Millenial Job Center, Wadah Kembangkan Karir Era Gig Economy Jatim
suryamalang.com/Fatimatuz Zahro
Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak memastikan Millenial Job Center (MJC) bakal dilaunching dalam waktu dekat. Wadah pengembangan karir generasi millenial di era gig economy ini digadang Emil bakal menjadi terobosan baru dalam mengurangi angka pengangguran di Jawa Timur.

"Kami sekarang sedang siapkan pilot project MJC. Dan ini masuk dalam program 99 hari kerja saya dengan Ibu Khofifah, sebelum lebaran lah kita launching," kata Emil Dardak, Selasa (14/5/2019).

Dikatakan suami Arumi Bachsin ini, konsep MJC lain dibandingkan lembaga pengembang karir yang sudah ada. Bahkan ia sudah banyak bertemu dengan sektor strategis dan banyak yang mendukung agar ide baru dalam pengembangan karir generasi millenial Jawa Timur ini bisa segera terwujud.

"Saya sudah ketemu dua besar investor Asi Pasific, bahkan semua banyak yang mengatakan ini baru nih. Memang match making atau biro jodoh pencari kerja sudah banyak ya sekarang, tapi kalau mengembangkan karir millenial di era gih economy baru MJC kita," tambahnya.

Secara konsep MJC akan memberikan pelatihan pada anak muda untuk profesi yang bnyk dibutuhkan di era gig ecnomy. Seperti desainer, digital marketing, video blogging, engineering designer dan sejumlah profesi lain yang marak digemari anak muda millenial.

"Untuk pilot project target 10 klien, melibatkan 5 public sector, 5 private sector, dan 10 talent yang akan kita observasi," ucap Emil Dardak.

Sebab, ditegaskan Emil, MJC bukan hanya menyiapkan wadah untuk belajar tapi jug memastikan ada calon klien yang bakal menggunakan jasa dari lulusan MJC yang sudah dilatih.

Selain itu, sejumlah pihak swasta yang digandeng oleh Pemprov Jawa Timur untuk pengembangan MJC ini adalah Good News From Indonesia. Dikatakan Emil, pihak tersebut cukup strategis untuk diajak kolaborasi dengan MJC.

"Millenial Job Center bakal kita masukkan untuk program anggaran APBD Pemprov Jawa Timur tahun 2020. Maka muli saat ini kita harus membuat pilot projectnya dulu di satu titik kemudian tahun depan baru dibuat di sejumlah titik yang dibutuhkan," tutur Emil.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved