Malang Raya

Safari Ramadan Kuatkan Peran Unsur Perguruan Tinggi di Pentaheliks

Wali Kota Malang Sutiaji bersama Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko hadir.

Safari Ramadan Kuatkan Peran Unsur Perguruan Tinggi di Pentaheliks
Hayu Yudha Prabowo
FOTO BERSAMA - Wali Kota Malang, Sutiaji dan Waki Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko bersama Takmor Masjid, Forkompimda dan Kepala OPD berfoto bersama dalam Safari Ramadhan di Masjid Ainul Yaqin, Kelurahan Tlogomas Kota Malang, Kamis (16/5/2019). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Masjid Ainul Yaqin di Jl Tata Surya, dekat Universitas Islam Malang (Unisma) menjadi tempat safari Ramadan kedelapan, Kamis (16/5/2019). Wali Kota Malang Sutiaji bersama Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko hadir.

Sejumlah jajaran samping juga turut hadir, termasuk Dandim 0833/Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson. Di kesempatan itu juga, Rektor Unisma Prof Masykuri Bakri turut hadir.

Sutiaji mengatakan, Pemkot Malang tengah menjalankan pentaheliks yang di dalamnya menyelaraskan kerjasama dengan perguruan tinggi. Oleh sebab itu, Sutiaji mengapresiasi Unisma yang telah memberikan kontribusi terhadap perkembangan Kota Malang.

"Perguruan tinggi yang basiknya sesuai tri dharma, benar-benar menjadikan masyarakat Malang Raya sebagai laboratoriumnya Unisma," katanya, Kamis (16/5/2019)

Sutiaji mengatakan, keberadaan Unisma yang memiliki sekitar 15 ribu mahasiswa juga turut menggerakan perekonomian Kota Malang. Maka dari itu, Sutiaji tidak heran jika Unisma juga menjadi magnet mualindari Presiden, Wakil Presiden, Gubernur dan para menteri.

"Kami telah merasakan keberadaan Unisma, yang tidak langsung, adalah perputaran uang dari mahasiswa Unisma," katanya.

Sutiaji selanjutnya mengingatkan akan eksistensi Masjid Ainul Yaqin. Sutiaji berharap, keberadaan masjid berperan bedar membentuk karakter masyarakat

"Ayo membangun, terlebih bangun masjid. Kalau penduduk Kota Malang basiknya adalah masjid, tugas Wali Kota selesai. Kalau manusia yang bertaqwa, sudah mengerti tugas dan tanggungjawab," katanya.

Sementara itu, Rektor Unisma Prof Masykuri Bakri mengutarakan kesenangannya ada kegiatan Safari Ramadan di Masjid Ainul Yaqin yang memang berada di bawah yayasan Unisma.

"Selama menjabat 4 tahun lebih sebagai rektor, belum didatangi Safari Ramadan. Tapi sekarang datang karena sebetulnya hatinya Wali Kota adalah Unisma," ujar Prof Masykuri.

Kata Prof Masykuri, hal itu merupakan kebahagiaan bagi civitas akademika Unisma. Kota Malang, sebagaibKota Pendidikan tidak bisa dilepaskan dari peran Unisma.

"Unisma berkontribusi besar membangun Kota Malang. Mahasiswanya hampir 15 ribu," ujar Masykuri.

Prof Masykuri mengatakan, Unsima adalah kampus yang toleran di tengah kehidupan masyarakat. Ia pun mengibaratkan Unsima sebagai embun penyejuknya Kota Malang.

"Masjid ini, hampir setiap hari dipenuhi ahli ibadah. Sehingga pengembangan masjid kami pacu. Sebagai embun penyejuk, partisipasi dari Pemkot Malang tidak rugi," katanya. 

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved