Kesehatan

Bolehkan Ibu Hamil Ikutan Mudik Lebaran Atau Bepergian Jauh? Berikut Penjelasan Pakar Kesehatan

Dapatkah ibu hamil pulang kampung atau libur lebaran? Berikut ini tips aman mudik untuk ibu hamil.

Bolehkan Ibu Hamil Ikutan Mudik Lebaran Atau Bepergian Jauh? Berikut Penjelasan Pakar Kesehatan
suryamalang/tribun
dapatkah ibu hamil mudik lebaran 

SURYAMALANG.COM - Gelombang mudik dan arus balik bakal padat saat Lebaran dan sesudah Lebaran. Di antara aktivitas mudik dan arus balik ini, bisa jadi ada kalangan ibu-ibu hamil.

Tradisi mudik atau pulang kampung saat Lebaran ini bisa menjadi dilema tersendiri untuk ibu hamil, di satu sisi mereka harus pulang kampung dan di sisi lain mereka juga harus menjaga kesehatan janin dalam kandungan.

Pasalnya banyak mitos terkait ibu hamil yang berpergian jauh, bahkan beberapa masyarakat menyebut ibu hamil yang bepergian itu sebagai pamali.

Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan, dapatkah ibu hamil mudik atau pulang kampung saat libur Lebaran?

Dilansir dari Tribun Kesehatan dalam artikel berjudul 'Hal-hal yang Disiapkan dan Dilakukan Saat Ibu Hamil Ikut Perjalanan Mudik Lebaran' ternyata ibu hamil bisa tetap bepergian jauh.

American College of Obstetricians and Gynecologists mengatakan bahwa ibu hamil tetap dapat bepergian jauh jika sudah memasuki usia kehamilan 14-28 minggu atau memasuki trimester 2.

Sebab, Pada trimester ke-2 ini, energi ibu hamil sudah kembali normal, bahkan rasa mual atau morning sickness biasanya hilang.

Namun ibu hamil tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terkait perjalanan yang akan dilakukannya.

Berikut ini tips aman mudik untuk ibu hamil dilansir SURYAMALANG dari sumber yang sama.

1. Jika Menggunakan Mobil

PADAT - Kondisi arus lalu lintas yang dipenuhi mobil pribadi dam sepeda motor di Jalan Arief Rahman Hakin menuju Alun-alun Merdeka, Kota Malang, Sabtu (25/5/2019). Menjelang lebaran 2019, lalu lintas menuju pusat Kota Malang dan sejumlah pusat perbelanjaan terpantau padat akibat meningkatnya volume kendaraan.
PADAT - Kondisi arus lalu lintas yang dipenuhi mobil pribadi dam sepeda motor di Jalan Arief Rahman Hakin menuju Alun-alun Merdeka, Kota Malang, Sabtu (25/5/2019). Menjelang lebaran 2019, lalu lintas menuju pusat Kota Malang dan sejumlah pusat perbelanjaan terpantau padat akibat meningkatnya volume kendaraan. (Hayu Yudha Prabowo)
Halaman
1234
Penulis: Raras Cahyaning Hapsari
Editor: eko darmoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved