Daftar Tol Mudik yang Dibuka Gratis Selama Lebaran 2019, di Antaranya Tol Malang Pandaan

Daftar Tol Mudik yang Dibuka Gratis Selama Lebaran 2019, di Antaranya Tol Malang Pandaan

Daftar Tol Mudik yang Dibuka Gratis Selama Lebaran 2019, di Antaranya Tol Malang Pandaan
SURYA.CO.ID/Hayu Yudha Prabowo
Sejumlah kendaraan melintasi Tol Malang-Pandaan difoto di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jumat (31/5/2019). H-5 Lebaran 2019, arus lalu lintas di tol Malang-Pandaan terpantau lancar 

SURYAMALANG.COM - Para pemudik lebaran 2019 harus tahu. Pemerintah tahun ini menggratiskan 4 ruas tol di Pulau Jawa, di mana lokasinya ada di Jawa Timur.

Tol pertama yang digratiskan adalah Tol Pandaan Malang Seksi 1 sampai 3 yang panjangnya mencapai 30,6 km.

Sekadar diketahui, Tol Pandaan Malang atau Malang Pandaan itu menghubungkan Pasuruan dengan Malang.

Kepastian tol Malang Pandaan ini gratis sebetulnya sudah diungkapkan pemerintah sejak peresmian ruas tol ini.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pengratisan ruas tol Pandaan-Malang seksi 1-3 itu untuk mendukung kelancaran arus mudik lebaran tahun 2019.

"Ruas tol ini sudah sangat ditunggu masyarakat, karena itu kita percepat pemanfaatannya, termasuk untuk mendukung kelancaran arus mudik 2019," ujar Menteri Basuki dikutip dari laman Setkab.

Tol kedua yang gratis adalah Tol Pandaan-Malang seksi 4. Tol sepanjang 4,8 kilometer menuju Kota Malang itu dibuka secara fungsional pada saat arus mudik Lebaran 2019.

Exit Tol Pakis itu difungsikan secara optional mulai pukul 07.00 WIB - 17.00 WIB. Hal itu dikarenakan hingga saat ini sedang dikebut proses pembangunan infrastruktur seperti lampu jalan.

"Atas rekomendasi polisi dan dinas perhubungan, tol itu dapat dipergunakan atau difungsionalkan untuk mengurangi kemacetan di jalan nontol," ujar Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan BPJT, Ranto Parlindungan Rajagukguk saat dihubungi Kompas, Kamis (30/5/2019).

Selain Tol Pandaan Malang seksi 4 yang menghubungkan Singosari dengan Pakis, ada 3 tol lagi yang masih dalam proses pembangunan tapi dibuka.

Halaman
123
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved