Malang Raya

Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Gelar Rapat Koordinasi di Kota Malang

Mereka harus netral, karena itu harapan kami para Sekda inilah yang memiliki peranan penting untuk ASN kelas dunia

Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Gelar Rapat Koordinasi di Kota Malang
humas
Wali Kota Malang Sutiaji saat memberikan sambutan di Rakor KASN, Kamis (13/6/2019). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) melaksanakan Rakor Percepatan Penerapan Nilai Dasar, Kode Etik, Kode Perilaku ASN dan Monitoring Evaluasi Pelaksanaan SIJAPTI di Hotel Atria, Kota Malang, Kamis (13/6/2019). Kegiatan tersebut diikuti oleh Sekretaris Daerah, BKD dan Inspektorat seluruh Provinsi Jawa Timur dan Sumatera Utara.

Wali Kota Malang, Sutiaji turut serta hadir dan menyampaikan sambutan selamat datang pada acara pembukaan kegiatan. Dalam sambutannya, Sutiaji mengatakan bahwa ASN merupakan suatu profesi yang berperan penting dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan penyediaan pelayanan publik.

Sebagai suatu profesi, pegawai ASN dalam melaksanakan tugasnya harus profesional, dalam arti memiliki kompetensi yang dibutuhkan serta berpegang pada nilai dasar, kode etik dan kode perilaku selaku aparatur negara.

"Profesionalitas pegawai ASN tercermin tidak hanya pada kompetensi yang dimiliki namun juga pada sikap dan kepatuhan terhadap kode etik dan kode perilaku" ujarnya.

Dalam rangka memperkuat proses dan integrasi seluruh alur pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) di lingkungan instansi pemerintah, KASN juga meluncurkan aplikasi seleksi jabatan pimpinan tinggi (SIJAPTI). Aplikasi ini mencakup seluruh proses seleksi, mulai dari konsultasi, penyampaian dokumen rencana seleksi dan laporan hasil seleksi, serta dokumentasi database JPT.

Aplikasi SIJAPTI hadir untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, profesionalisme, kinerja serta akses dalam penyampaian dokumen rencana seleksi dan laporan hasil seleksi serta pengawasan pelaksanaan pengisian JPT. Dengan adanya aplikasi ini, proses seleksi jabatan tinggi, baik  di tingkat nasional maupun daerah dapat dilakukan secara online, dan otomatis menghemat anggaran serta prosesnya menjadi lebih cepat.

"Terkait hal tersebut, saya menyambut baik kegiatan pada hari ini, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang sama kepada para peserta rakor, tentang pentingnya penerapan nilai dasar, kode etik dan kode perilaku pegawai ASN pada instansi pemerintah,” jelas Sutiaji.

Di sisi lain, Commisioner dan Chairman KASN, Sofian Effendi mengatakan jika prestasi ASN dalam daya saing nasional dari penialaian Internasional telah naik pada 11 tingkat. Karenanya negara yang sebelumnya mendapatkan pendapatan dari menengah kebawah menjadi negara pendapatan menengah ke atas.

"Kalau mau naik menjadi negara berpenghasilan tinggi, mau tidak mau ya prestasi yang sudah dicapai saat ini harus ditingkatkan," ujar dia.

Para ASN sengaja dikumpulkan bersama agar saling berkoordinasi untuk saling meningkatkan prestasi. Kode etik di lingkup ASN menjadi perhatian serius. Ke depan sebagai pejabat negara yang memiliki peranan penting, bisa menjaga netralitas dan terhindar dari KKN.

"Mereka harus netral, karena itu harapan kami para Sekda inilah yang memiliki peranan penting untuk ASN kelas dunia," paparnya. 

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved