Malang Raya

Warga Tuntut Pemkot Malang Benahi Tempat Sampah di Jalan Sukarno-Hatta

Gerobak sampah itu menutup separoh Jl Sukarno-Hatta yang mengarah ke Jl Borobudur.

Warga Tuntut Pemkot Malang Benahi Tempat Sampah di Jalan Sukarno-Hatta
Benni Indo
Gerobak sampah di TPS Jl Sukarno-Hatta yang merengsek sampai tengah jalan saat pagi hari. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Jalan Sukarno-Hatta di Kota Malang merupakan salah satu jalan yang paling sibuk. Seiring bertumbuhnya perekonomian dan jumlah hunian, persoalan sampah pun juga hadir.

Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang terdapat di Jl Sukarno-Hatta pun over capacity atau berlebihan. Akibatnya, gerobak sampah yang mengirim sampah ke TPS pun terkadang parkir hingga sampai ke tengah jalan.

Gerobak sampah itu menutup separoh Jl Sukarno-Hatta yang mengarah ke Jl Borobudur.

Saat pagi, terlihat kemacetan meskipun tidak terlalu parah. Peristiwa seperti itu selalu terlihat ketika banyak pengendara mengantarkan anak-anak mereka menuju sekolah.

Dicki Febrianto, mahasiswa sebuah perguruan tinggi swasta baru saja selesai makan dari warung yang terletak tidak jauh dari TPS mengatakan, keberadaan TPS sudah tidak seperti dulu.

Menurutnya, saat ini terlihat banyak sampah yang dibawa ke TPS itu. Akibatnya, gerobak sampah sering meluber ke tengah jalan menunggu antrean.

“Sebetulnya juga tidak nyaman melihat kondisi seperti itu. Ya semoga saja ada solusi,” katanya.

Ia sebetulnya juga risih ketika harus makan di sebuah warung yang terletak tidak jauh dari TPS. Namun ia memilih tetap membeli makanan di situ, karena selain telah menjadi langganan, juga dekat dengan kampusnya.

Menurut Dicki, Pemkot Malang harus memperhatikan kebaradaan TPS itu dan melakukan perbaikan manajemen agar ke depannya tidak semakin parah. Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin kemacetan juga semakin parah.

Sementara itu, Hendra Ramadhan, warga Kota Malang yang kerap melintas di Jl Sukarno-Hatta juga mengutarakan hal serupa. Hendra setiap pagi mengantar anaknya berangkat ke sekolah.

“Setiap hari saya melihat sampah di TPS yang terkadang sampai ke jalanan,” katanya.

Selain gerobak yang meluber ke tengah jalana, aroma sampah terkadang juga mengganggu Hendra. Hendra juga bertanya-tanya, masih ada warung yang beroperasi di dekat TPS.

Menurut Hendra, keberadaan TPS di Jl Sukarno-Hatta kurang tepat. Jl Sukarno-Hatta banyak dilewati kendaraan dari luar kota sehingga juga menjadi cerminan wajah Kota Malang

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved