Universitas Brawijaya Malang

Inilah 3 Program Studi Favorit Calon Mahasiswa UB Malang pada SNMPTN 2019

Prodi lain yang juga menjadi rebutan adalah Pendidikan Dokter yang diincar 1.705 peserta dan Manajemen yang didaftar oleh 1.626 orang.

Inilah 3 Program Studi Favorit Calon Mahasiswa UB Malang pada SNMPTN 2019
ub.ac.id
Lambang Universitas Brawijaya (UB) Malang. 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Program Studi (Prodi) Agroteknologi di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (UB) Malang menjadi favorit calon mahasiswa pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019.

Tercatat ada 1.831 peserta memperebutkan kursi untuk bisa menempuh pendidikan di prodi ini.

Prodi lain yang juga menjadi rebutan adalah Pendidikan Dokter yang diincar 1.705 peserta dan Manajemen yang didaftar oleh 1.626 orang.

Kasubag Humas Kearsipan dan Humas Universitas Brawijaya Kotok Guritno mengatakan kuota penerimaan calon mahasiswa baru di UB tahun ini naik dari tahun sebelumnya yakni 12.500 menjadi 13.125.

Jalur penerimaan terbagi menjadi yakni SNMPTPN, SBMPTN dan jalur mandiri.

"Kuotanya beda-beda yakni 30 persen diterima di jalur SNMPTN, 40 di SBMPTN dan 30 persen di mandiri," kata Kotok, Kamis (20/6/2019).

Ia menambahkan dari hasil SNMPTN itu juga, UB masuk kedalam 10 PTN yang paling banyak menerima calon mahasiswa baru yakni 3.957 orang. Namun, untuk keketatan SNMPTN, tidak ada satupun prodi di UB yang masuk kedalam daftar yang dirilis.

Prodi soshum paling ketat tahun ini adalah Manajemen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan prosentase lolos 0,71 persen, Komuniasi UNJ dengan prosentase lolos 1,17 persen dan Akuntansi UNJ dengan prosentase lolos 1,30 persen.

Sementara itu untuk prodi saintek paling ketat tahun ini adalah Teknik Informatika Universitas Padjajaran dengan prosentase lolos 1,39 persen, Teknik Informatika Universitas Hasanudin 1,71 persen dan Farmasi Universitas Jendral Soedirman 1,77 persen.

"Iya kami tidak masuk dalam 10 besar dengan tingkat ketetatan tinggi," tuturnya.

Setelah jalur penerimaan SNMPTN diumumkan, saat ini pendaftaran SBMPTN telah dibuka dan akan ditutup pada 24 Juni mendatang. Peserta yang lolos, akan diumumkan pada 9 Juli 2019.

"Jadi masih sangat lama," ujarnya.

Penulis: Aminatus Sofya
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved