Kabar Trenggalek

Sebanyak 432 ASN Pemkab Trenggalek Pensiun Tahun Ini, Begini Pesan Bupati Termuda di Indonesia Ini

Sekitar 70 persen dari jumlah ASN yang pensiun merupakan pejabat fungsional, seperti guru, tenaga kesehatan, dan penyuluh pertanian.

Sebanyak 432 ASN Pemkab Trenggalek Pensiun Tahun Ini, Begini Pesan Bupati Termuda di Indonesia Ini
suryamalang.com/Aflahul Abidin
Bupati Trenggalek, M Nur Arifin menyerahkan SK Pensiun kepada salah satu ASN Pemkab Trenggalek. 

SURYAMALANG.COM, TRENGGALEK - Sebanyak 432 Aparatur Sipil Negara (ASN) memasuki masa purnatugas tahun 2019. Surat Keterangan (SK) 81 di antaranya diserahkan di Pendopo Kabupaten, Selasa (9/7/2019). Total, sudah 306 ASN yang menerima SK tersebut.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Trenggalek, Pariyo mengatakan, penyerahan itu merupakan yang keempat kalinya dalam setahun ini. Sisanya akan diberikan secara bertahap di sisa waktu mendatang.

"Setiap periodenya kami serahkan agar tidak terkendala dengan penggajian mereka nanti," kata Pariyo.

Sekitar 70 persen dari jumlah ASN yang pensiun merupakan pejabat fungsional, seperti guru, tenaga kesehatan, dan penyuluh pertanian.

Untuk SK yang diserahkan hari itu saja, 66 ASN merupakan pejabat fungsional. Sisanya pejabat pimpinan tinggi pratama dan administasi 9 orang dan pejabat pelaksana atau staf 6 orang.

BKD memastikan, pensiunnya ratusan ASN itu tak mengganggu pelayanan bagi masyarakat. Untuk tenaga pendidik, pihaknya telah meminta agar kesosongan fungsi yang ditinggal ASN pensiun bakal diisi oleh tenaga yang lain.

"Ini sudah kami antisipasi bersama. Ketika yang yang purnatugas, regenerasi di bawahnya harus ada. Untuk pejabat pimpinan tinggi pratama lebih gampang karena bisa dipelaksanatugaskan dan sebagainya," tuturnya.

Menurut Pariyo, tak menutup kemungkinan jumlah ASN di Kabupaten Trenggalek yang akan pensiun bertambah. Itu karena adanya ASN yang sakit, meninggal, dan pensiun dini.

Bupati Trenggalek M Nur Arifin berharap, para ASN yang pensiun bakal tetap menjadi panutan pagi para ASN yang masih bertugas. Dia juga berharap mereka bisa menjadi tokoh yang memberi pengaruh baik di lingkungan masing-masing.

"Barangkali ada angan-angan yang diimpikan dan saat ini belum tercapai karena sibuk jadi ASN, mudah-mudahan tahun ini tercapai," kata pria yang akrab disapa Mas Ipin itu.

Ia juga berharap, para ASN bisa hidup bebas setelah pensiun. Artinya, mereka tak dikejar-kejar masalah hukum. Di berbagai daerah, ada banyak ASN yang bermasalah setelah purnatugas. "Semoga semua tuntas dengan selamat," ujar Mas Ipin. 

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved