Malang Raya

Dilarang Ada Perploncoan dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

Menurut Zubaidah, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang untuk Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) ada acuannya.

Dilarang Ada Perploncoan dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Senin (15/7/2019) hari pertama masuk sekolah tahun ajaran 2019/2020 untuk para siswa baru dan lama berbagai jenjang mulai TK sampai SMA/SMK di Kota Malang.

Menurut Zubaidah, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang untuk Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) ada acuannya.

"Ada Permendikbud No 18/2016 tentang pengenalan lingkungan," jelas Zubaidah pada SURYAMALANG.COM, Minggu (14/7/2019).

Dalam Permen itu, MPLS bisa mengenalkan program sekolah, sarana, prasarana sekolah, pengenalan diri dan pembiasan kultur sekolah.

Selain itu melarang adanya perploncoan dan dilarang memberikan tugas pada siswa dengan atribut yang tidak relevan dengan pendidikan. Kegiatan MPLS bisa dilaksanakan selama tiga hari pada minggu pertama tahun ajaran baru.

Syahroni, Kepala SMPN 10 Kota Malang menyatakan ada banyak materi untuk siswa baru di MPLS.

"Misalkan pengenalan lingkungan, sarpras, cara belajar dan budaya sekolah, PPK (Penguatan Pendidikan Karakter), UKS, parade kegiatan ekstra dll," jelas Syahroni.

Hal serupa juga dilaksanakan di SMPN 8 Kota Malang. "Banyak kegiatannnya. Seperti hari Rabu (17/7/2019) show kegiatan eskul dan unjuk kebolehan siswa baru serta gathering bersama orangtua," tambah Anny Yulistyowati, Kepala SMPN 8 Kota Malang.

Sedang di SMPN 17, siswa kelas 7 ada kegiatan di kelas. "Sedang siswa kelas 8 ada kegiatan baris berbaris di lapangan Bangkalan Krajan dan penyuluhan ttg penyalahgunaan narkoba. Sedang siswa kelas 9 ada pembinaan dari Polsek Sukun dan Kodim," jelas Mustofa, Kepala SMPN 17.

Sedang MPLS di SMAN 7 Kota Malang juga mengenalkan sekolah pada siswa baru.

Herlina Wahyuni, Kepala SMAN 7 menyatakan antara lain mengenalkan profil sekolah, mars sabhatansa, info program kurikulum, program kesiswaan, program humas. Siswa baru masih mengenakan seragam dari sekolah lamanya.

Sementara acuan MPLS untuk SMA-SMK oleh Dindik Jatim juga disiapkan. Kegiatan harus bersifat edukatif dan ada silabusnya. Lama MPLS bisa lima sampai enam hari.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved