Kabar Surabaya

Menhub dan Menkes ke Sumenep, Luncurkan Dua Kapal Rumah Sakit untuk Masyarakat Kepulauan

#MADURA - Menhub dan Menkes ke Sumenep, Luncurkan Dua Kapal Rumah Sakit untuk Masyarakat Kepulauan

humas
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dan juga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau Kapal Rumah Sakit Terapung Gandha Nusantara di Pelabuhan Kalianget Kabupaten Sumenep dalam peluncuran dua kapal rumah sakit terapung, Kamis (15/8/2019). 

#MADURA - Menhub dan Menkes ke Sumenep, Luncurkan Dua Kapal Rumah Sakit untuk Masyarakat Kepulauan

SURYAMALANG.COM, SUMENEP - Masyarakat di wilayah kepulauan Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur, kini tidak bingung lagi dalam mendapatkan layanan kesehatan.

Dua unit Kapal Rumah Sakit, Gandha Nusantara 01 dan Ghanda Nusantara 02, mulai dioperasikan pada Kamis (15/8/2019)  untuk memberikan pelayanan kesehatan sekelas rumah sakit di Kepulauan Sumenep.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek (Nila F Moeloek) dan juga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa hadir langsung di Pelabuhan Kalianget Kabupaten Sumenep dalam peluncuran dua kapal rumah sakit terapung tesebut.

Kapal rumah sakit terapung ini merupakan bantuan sekaligus kolaborasi antara Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan dan juga Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk bisa memberikan jangkauan akses kesehatan bagi masyarakat di kepulauan.

Dua unit kapal tersebut memiliki sejumlah keunggulan. Fasilitas di dalamnya mampu menyamai fasilitas yang ada di rumah sakit. Salah satunya bisa melakukan prosedur penanganan operasi pada pasien. Termasuk operasi caesar pada ibu yang melahirkan.

Selain itu kapal Gandha Nusantara ini juga multifungsi. Sebab selain berfungsi sebagai rumah sakit, kapal ini juga bisa menjalankan fungsi transportasi dengan mengangkut penumpang. Setidaknya sebanyak 30 orang penumpang bisa diangkut dalam kapal ini saat siang hari.

"Kita ingin ini jadi role model. Kita jadikan rumah sakit terapung kita berikan hadiah untuk Madura dan Jatim untuk hadiah kemerdekaan. Karena kewajiban kita untuk melayani sampai di pelosok kota akan kita jangkau semua," kata Budi Karya Sumadi.

https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom
https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom (.)

Dikatakan Menteri Budi kapal memang secara teoritis memang efektif beroperasi pagi dan siang hari. Jika sore dan malam hari kurang efektif beralayar lantaran ombaknya besar. Sehingga saat pagi hari dua kapal ini bisa digunakan untuk kapal penumpang dan malam bisa bersandar untuk melakukan penanganan operasi pasien.

Tenaga ahli di rumah sakit terapung ini disupport oleh Fakultas Kedokteran Univesitas Airlangga Surabaya. Kapal ini akan beroperasi mengelilingi kawasan kepulauan Sumenep. Sebab salah satu tujuannya adalah untuk mewujudkan koneksitas antar pulau.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved