Malang Raya

Pelajar SMK Ikuti Lomba Nguleg Sambel Tempong di Hotel Ibis Styles Kota Malang

Sebanyak 26 siswa SMK mengikuti lomba Nguleg Sambel Tempong yang diselenggarakan oleh Ibis Styles Kota Malang, Minggu malam (18/8/2019).

Pelajar SMK Ikuti Lomba Nguleg Sambel Tempong di Hotel Ibis Styles Kota Malang
Surya/hotel ibis styles malang
Siswa dari beberapa SMK mengikuti lomba nguleg sambel tempong khas Banyuwangi di Hotel Ibis Styles Malang, Minggu malam (18/8/2019). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Sebanyak 26 siswa SMK mengikuti lomba Nguleg Sambel Tempong yang diselenggarakan oleh Ibis Styles Kota Malang, Minggu malam (18/8/2019).

Ini merupakan bagian dari kegiatan "Soerat Kabar – Gelar Lesehan" di area sTREATs Entrance atau depan lobi.

"Pesertanya dari beberapa SMK," jelas Yanuar Arifien, FB Manager Ibis Styles Kota Malang dalam rilis yang dikirim pada SURYAMALANG.COM.

Beberapa SMK itu adalah SMKN 2, 3, SMK Cor Jesu, SMKN 1 Turen, Kabupaten Malang dan SMKN 1 Blitar.

Menurut dia, kegiatan ini sebagai penyemarak Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan nuansa tradisional.

Peserta mengenakan busana tradisional saat nguleg sambel tempong. Sambel tempong dikenal sebagai khas Kabupaten Banyuwangi karena pedasnya.

Sebenarnya bahannya sama dengan sambal tomat yang biasanya namun diberi jeruk purut sehingga segar. Bahan sambel tempong antara lain cabe rawit, tomat, terasi. Tak lupa diberi garam dan gula.

Yanuar berharap, lewat nguleg sambel tempong, para peserta mendapatkan tambahan pengalaman mereka tentang cara membuat sambal Tempong, menggoreng ikan mujair serta menata di piring dengan suasana yang kompetitif dan aktraktif.

"Acara ini sekaligus launching menu promo bulan Agustus – September 2019 yaitu 'The Journey: Selera Noesantara'," lanjut Yanuar.

Menu makanan dan minuman khas Banyuwangi antara lain seperti Sego Cawuk, Sego Tempong, Rujak Soto dan Kopi Osing Banyuwangi. Event itu dimeriahkan Pentjak Silat dari SMKN 1 Pogalan, Trenggalek.

Juga penampilan PM band dengan vokalisnya Aziz yang menghibur tamu dengan lagu lama Koes Plus dan Benyamin Soeb. Dimeriahkan juga Komunitas Tukang Sodrek dari Hunting Photo Kopi di bawah arahan Happy Matkodak.

Sedangkan Ina Rianawati, GM Ibis Styles Malang menambahkan, program ini mendapat dukungan dari kolega hotel yaitu SMK-SMK.

"Ini sebagai media kerjasama antara dunia pendidikan dengan dudi (dunia industri)," jelas Ina.

Yaitu, lanjutnya, memberikan kesempatan bagi siswa SMK yang memiliki program keahlian Jasa Boga untuk mempraktikkan ilmunya di sekolah dan menambah ilmu tentang menu-menu Jawa Timuran.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved