Breaking News:

Malang Raya

Persiapan Polres Malang Jelang Natal dan Tahun Baru, Minta BKO Personel dari Brimob Polda Jatim

Pengamanan dari segi lalu lintas, Kamtibmas dan tempat ibadah jadi fokus institusi kepolisian yang dikomandoi oleh Kapolres Malang

Penulis: Mohammad Erwin | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Mohammad Erwin
Kabag Ops Polres Malang, Kompol Sunardi Riyono memeparkan persiapan jajaran Polres Malang untuk masa Natal dan tahun Baru 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Polres Malang terus lakukan persiapan menyambut pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020.

Pengamanan dari segi lalu lintas, Kamtibmas dan tempat ibadah jadi fokus institusi kepolisian yang dikomandoi oleh Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung itu.

Kabag Ops Polres Malang, Kompol Sunardi Riyono menjelaskan, seiring dengan pengoperasian jalan tol, akan ada beberapa pos pengamanan di titik baru.

"Sebelum ada tol, Pospam (pengamanan) yang ada di Pakis itu saya tempatkan di wilayah Mendit. Sekarang tidak relevan lagi. Lalu, operasionalnya tol di wilayah Singosari Karangploso, maka dari itu perlu adanya pos Pam di Kepuharjo, Karangploso untuk mengurai kemacetan. Ini terkait rekayasa lalu lintas jika terjadi macet," kata Sunardi ketika dikonfirmasi, Selasa (10/12/2019).

Selain pengamanan akses jalan, Sunardi juga memerintahkan jajaran untuk fokus pada pengamanan tempat ibadah gereja.

Sunardi akan meminta BKO personel dari jajaran Brimob Polda Jawa Timur mengingat personelnya di Polres Malang terbatas, .

"Soal pengamanan di tempat ibadah seperti gereja pada saat natal nanti, kami akan BKO dari Brimob mengingat wilayah kami yang luas," jelas Sunardi.

Di sisi lain, Sunardi juga menerangkan, mulai hari ini personel Polres Malang mulai diterjunkan untuk melakukan operasi dengan sejumlah sasaran prioritas.

"Kita sudah mulai laksanakan, kegiatan-kegiatan cipta kondisi, kita razia-razia ke tempat prostitusi, penjualan miras, antisipasi premanisme, termasuk petasan," ujar Sunardi.

Polres Malang juga akan menyiapkan lima titik pos pengamanan dan satu pos pelayanan selama Natal dan Tahun Baru.

"Kami punya tim yang namanya TPK, Tim Pengurai Kemacetan. Itu jumlahnya kurang 50 orang. Itulah nanti yang akan kami bagi ke tempat-tempat rawan. Rawan macet itu nanti di Karangploso sampai Karanglo, kemudian wilayah Pakis nanti di exit tol, kalau di Selatan itu biasanya terjadi pada malam tahun baru dan tahun baru di simpang empat Balekambang," beber Sunardi.

Komunikasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Palang Merah Indonesia (PMI) dan relawan lainnya juga dilakukan Polres Malang guna mengantisipasi terjadinya bencana alam.

"Saya rencanakan koordinasi secara lengkap, itu kalau tidak hari Kamis, hari Jumat. Termasuk seluruh stakeholder yang terkait akan kami undang nanti. Baik dari BPBD, Satpol PP, Dishub, termasuk organisasi masyarakat," kata Sunardi.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved