Malang Raya

Prof Akhsanul Pakai Metode Metakognitif untuk Mengetahui Potensi Siswa

Prof Akhsanul In’am Ph D menggunakan pendekatan Al-Ghazali (pendekatan metakognitif) dalam pembelajaran matematika agar untuk mengetahui potensi siswa

SURYAMALANG.COM/Bella Ayu
Guru Besar UMM, Prof Akhsanul In’am Ph D berfoto bersama keluarganya seusai proses pengukuhan 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Guru Besar bidang Ilmu Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Prof Akhsanul In’am Ph D menggunakan pendekatan Al-Ghazali (pendekatan metakognitif) dalam pembelajaran matematika agar untuk mengetahui potensi siswa.

Prof Akhsanul In’am Ph D merupakan guru besar bidang ilmu pendidikan Matematika yang dikukuhkan pada Sabtu (28/12/2019).

Menurutnya, pendekatan Al-Ghazali adalah yadri annahu yadri dan yadri annahula laa yadri (orang yang tahu maka katakanlah tahu, kalau tidak tahu maka katakanlah tidak tahu) atau dalam bahasa zaman sekarang sering disebut dengan pendekatan Metakognitif.

“Sadar kalau tahu dan sadar kalau tidak tahu. Itu akan membantu kita untuk mengetahui dimana potensi” ujar Akhsanul kepada SURYAMALANG.COM.

Kesadaran terhadap potensi juga akan berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam belajar.

Akhsanul mengatakan pendekatan metakognitif tersebut sangat membantu siswa dan guru untuk saling jujur.

“Akan ada keterbukaan antara guru dan murid sehingga siswa itu tidak takut kepada guru dan guru tidak menakutkan,” terangnya.

Pendekatan metakognitif ini juga ditulis Akhsanul dalam hasil penelitian yang berjudul Menguak Pemikiran Imam Al Ghazali: Menjana Pembelajaran Matematika Terkini.

Dia meneliti 29 SMP di Malang Raya dan Brunei Darussalam.

Akhsanul berharap guru matematika mengajar dengan cara yang lebih menyenangkan.

“Mari mengajar dengan cara yang baik, menyenangkan, berkata yang jujur, dan harus menjujurkan siswa. Sebab dengan cara demikian Insya Allah matematika bisa menjadi menyenangkan,” tandasnya.

Penulis: Bella Ayu Kurnia Putri
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved