Breaking News:

Kabar Kediri

Ground Breaking Bandara Kediri Awal Tahun 2020 Ini, Wagub Jatim Emil Dardak Beri Kepastian

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak memastikan ground breaking atau peletakan batu pertama Bandara Kediri akan dilaksanakan pada awal tahun 2020 ini

SURYAMALANG.COM/Didik Mashudi
Desain rencana Bandara Kediri. Pembangunannya dijadwalkan dimulai tahun ini 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Rencana pembangunan bandara Kediri nampaknya akan segera terealisasi dalam waktu dekat.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak memastikan ground breaking atau peletakan batu pertama Bandara Kediri akan dilaksanakan pada awal tahun 2020 ini.

Ia mengungkapkan peletakkan batu pertama tersebut tinggal menunggu beberapa urusan administrasi yang belum selesai.

Pemkot Malang Akan Lebarkan Jalan di Area Exit Tol Malang Pandaan di Madyopuro, Rekayasa Arus Lalin

Penyebab Lina Meninggal Dunia, Mantan Istri Sule Derita 2 Penyakit, Kondisi Selama Sakit Terungkap

Janda yang Sekap 4 Putrinya di Pakis Malang Jalani Kajian Gangguan Kejiwaan di RSJ Lawang

"Saya janji di awal tahun ini. Terakhir ada rapat di Deputi Kemenkomaritim salah satunya kita pastikan kaitannya dengan tata ruang. Saat ini memang ada proses revisi tata ruang yang diajukan. Yang masih membutuhkan persetujuan final internal lingkungan Kabupaten Kediri," ucap Emil saat ditemui usai menghadiri Muswil II PW Aisyiyah Jawa Timur, Sabtu (4/1/2020) 

Emil optimis target tersebut bisa terealisasi mengingat semua pihak termasuk Kementerian Agraria dan Tata Ruang yang juga ikut turun langsung untuk mensukseskan proyek stategis nasional ini.

Pemprov Jatim sendiri saat ini terus mengupdate hasil-hasil pertemuan Deputi Kemenkomaritim terkait Bandara Kediri.

Salah satunya terkait pembebasan lahan.

LAHAN BANDARA KEDIRI - Lokasi bandara meliputi empat desa di tiga kecamatan, Kabupaten Kediri.
LAHAN BANDARA KEDIRI - Lokasi bandara meliputi empat desa di tiga kecamatan, Kabupaten Kediri. (romadoni)

"Tetapi selain pembebasan lahan, karena tinggal sedikit sekali. Yang penting juga tata ruang, kalau tata ruang segera clear, bisa berjalan dengan lancar," lanjutnya.

Terkait dengan mekanisme konsesi, Mantan Bupati Trenggalek ini mengungkapkan nantinya akan diumumkan langsung oleh Kementerian Perhubungan.

"Sudah mengikuti aturan Kementerian Perhubungan, kemudian Perpres tentang kerjasama pemerintah dengan badan usaha (KPBU). Sudah diatur juga mengenai konsep modalitas kerja sama pemerintah dengan swasta yang sesuai," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya pada Senin (30/9/2019) Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa telah bertemu dengn jajaran petinggi PT Gudang Garam sebagai sektor swasta yang akan mengerjakan proyek bandara berkapasitas melebihi Bandara Juanda tersebut.

Dalam rapat tertutup di Gedung Negara Grahadi Jalan Gubernur Suryo tersebut, Gubernur Khofifah didampingi Wagub Emil Elestianto Dardak berkoordinasi serius dengan jajaran PT Gudang Garam yang diwakili langsung Presiden Direktur Susilo Wonowidjojo dan Dirut PT Surya Doho Investama Susanto Widyatmoko.

Dari pembicaraan tersebut PT Doho Investama, anak perusahaan Gudang Garam yang nantinya mengerjakan proyek Bandara Kediri, menyatakan siap untuk melakukan groundbreaking pada Januari 2020.

Editor: Dyan Rekohadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved