Kekerasan di SMP Negeri Kota Malang

Berikut Ini Sanksi untuk Kepala SMPN dan Kepala Dindikbud Terkait Perundungan di Kota Malang

Pemkot Malang memberi sanksi tegas kepada kepala sekolah, staf pengajar, dan kepala Dindikbud terkait kasus perundungan.

Berikut Ini Sanksi untuk Kepala SMPN dan Kepala Dindikbud Terkait Perundungan di Kota Malang
SURYAMALANG.COM/M Rifky Edgar
Wali Kota Malang, Sutiaji 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Pemkot Malang memberi sanksi tegas kepada kepala sekolah, staf pengajar, dan kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Malang terkait kasus perundungan di SMPN.

Wali Kota Malang, Sutiaji telah membuat berita acara terkait permasalahan tersebut pada hari ini, termasuk memanggil kepala sekolah, dan staf pengajar.

“Ini yang memproses dari Inspektorat dan Dindikbud Kota Malang yang sanksinya nanti sesuai dengan Permendikbud 85/2015 tentang Tindak Kekerasan di Lingkungan  Satuan Pendidikan,” ucap Sutiaji kepada SURYAMALANG.COM, Kamis (6/2/2020).

Sanksi tersebut diberikan lantaran pihak sekolah lalai dalam memberikan pengawasan kepada para siswa sehingga berakibat MS (13) mengalami cacat pada jari tangan kanannya.

Sutiaji menyampaikan sanksi tersebut lebih kepada membebastugaskan kepala sekolah maupun staf pengajar.

Sedangkan Kepala Dindikbud akan diminta untuk memperbaiki kinerjanya selama enam bulan ke depan.

“Mekanisme terkait sanksi ini sudah diatur semuanya. Kalau untuk ASN di UU 5/2014. Kalau kekerasan di lingkungan sekolah di Permendikbud 85 Tahun 2015, kalau disiplin di PP 53 Tahun 2010,” ujarnya.

Sutiaji minta pihak sekolah agar lebih tanggap lagi dalam memberikan pengawasan kepada para peserta didiknya, termasuk dalam menjalin komunikasi agar lebih intens baik dengan tenaga pendidik maupun dengan pihak orangtua siswa.

“Kalau ada komunikasi, pasti segala apapun permasalahan bisa terdeteksi sejak dini. Itu yang akan kami tekankan,” tandasnya.

Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved