Tunggu Program Dikti, Program Kemahasiswaan Masih 'Tiarap'

Program kemahasiswaan secara nasional "tiarap". Karena itu para Wakil Rektor III di perguruan tinggi masih menunggu program kemahasiswaan dari Dirjen

Tunggu Program Dikti, Program Kemahasiswaan Masih 'Tiarap'
suryamalang.com

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Program kemahasiswaan secara nasional "tiarap". Karena itu para Wakil Rektor III di perguruan tinggi masih menunggu program kemahasiswaan dari Dirjen Dikti Kemendikbud.

"Program kemahasiswaan perguruan tinggi kan tak lepas dari program nasional. Apalagi sekarang kementriannya berbeda," kata Wakil Rektor III Universitas Negeri Malang (UM) pada SURYAMALANG.COM, Minggu (9/2/2020).

Saat ada Kemenristekdikti, ada Dirjen Belmawa (Pembelajaran dan Mahasiswa). Namun setelah gabung di Kemendikbud, hanya ada Dirjen Dikti. Dan Belmawa adalah sub didalamnya.

Sehingga sejauh ini belum diketahui bagaimana kelanjutan 22 event nasional dan enam event internasional yang biasanya ada tiap tahun. Dari Forum WR III sudah ngelist siapa yang bisa menemui plt yang menangani Belmawa.

"Intinya untuk mendesak bagaimana kelanjutan program-programnya. Ini sudah Februari. Istilahnya nagih programnya," jelasnya.

Tapi meski situasi nasional seperti itu, UM akan tetap mempersiapkan diri andai program itu dilanjutnya.

"Kalau nggak ada, ya anggap saja ini pembinaan buat mahasiswa," papar Muarifin.

Beberapa program nasional yang biasanya banyak diminati seperti PKM (Program Kreaktivitas Mahasiswa), Kontes Robot Indonesia, Kontes Nasional Kapal Tanpa Awak, Kontes Mobil Hemat Energi dll.

Dikatakan, jika sudah ada kepastian programnya, maka nanti perguruan tinggi tidak akan kelabakan menyiapkannya. Dikatakan, salah satu stigma di Indonesia adalah jika menteri baru ganti kebijakan.

Padahal belum tentu program menteri lama jelek. "Yang bagus bisa diteruskan dan yang jelek bisa direvisi," tandasnya.

Padahal di satu sisi perlu ada kesinambungan atau kontinyuitas. Hal ini juga jaid bahasan dalam pertemuan di Forum WR III Jawa Timur di Kabupaten Gresik. Forum WR III selain di tingkat nasional juga ada di tingkat Jatim dan Malang Raya.

Kalau di Malang Raya masih program eksplorasi, saling mengenal. Seperti baru lalu UM dikunjungi Universitas Ma Chung atau Muarifin diundang kampus lain untuk menceritakan best practise di UM sebagai inspirasi.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved