Breaking News:

Berita malang Hari Ini

Aturan LTMPT Berubah, Tahun Ini Peserta Boleh Ikut UTBK Dua Kali Sesuai Permendikbud yang Baru

Ketetapan UTBK 2 kali ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020 tanggal 24 Januari 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana PTN

SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun lalu di kampus UB Malang di tahun 2019. Aturan kembali berubah untuk tahun 2020 dan peserta bisa mengikuti UTBK dua kali 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) yang dipakai untuk mendaftar di SBMPTN tahun ini boleh diikuti peserta sebanyak dua kali.

Ketetapan UTBK dua kali ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020 tanggal 24 Januari 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana Perguruan Tinggi Negeri, Bab II Pasal 2, butir c.

Disebutkan bahwa penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada PTN dilaksanakan dengan prinsip fleksibel, yaitu diselenggarakan beberapa kali dan setiap calon mahasiswa dapat menempuh paling banyak 2 (dua) kali UTBK.

Arema FC Masih Buru Pemain Baru untuk Posisi Bek, Bursa Transfer Liga 1 2020 Akan Ditutup

Wasiat Lucinta Luna Sebelum Masuk Penjara Dibocorkan Abash, Banyak Kekhawatiran & Siap Lepas Semua

 

"Jadi peserta boleh ikut UTBK dua kali," jelas Prof Budi Prasetyo, Ketua Pelaksana LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) pada SURYAMALANG.COM, Senin (9/3/2020).

Sebelumnya LTMPT mengeluarkan regulasi UTBK satu kali pada Desember 2019 atau sebelum keluar Permendikbud tentang penerimaan maba PTN pada Januari 2020.

Meski berdasarkan hasil analisis tim Kajian dan Pengembangan LTMPT menunjukkan bahwa peserta UTBK tahun 2019 yang ikut tes dua kali pada bidang ujian yang sama, nilainya tak jauh berbeda.

Saat itu hanya dua bidang ujian yaitu Soshum dan Saintek. Tapi tahun ini ada ujian campuran.

Karena ada perubahan itu, maka UTBK dilakukan dua tahap.

Untuk pendaftaran UTBK tahap pertama dilaksanakan pada 30 Maret – 11 April 2020.

Sedang pelaksanaan tes UTBK tahap pertama akan dilaksanakan pada 20 – 26 April 2020.

Halaman
12
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Dyan Rekohadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved