Positif Virus Corona, Pilot Pesawat Lion Air Meninggal Dunia di Tangerang, Ini Langkah Dirjen Hubud

Positif Virus Corona, Pilot Pesawat Lion Air Meninggal Dunia di Tangerang, Ini Langkah Dirjen Hubud

Positif Virus Corona, Pilot Pesawat Lion Air Meninggal Dunia di Tangerang, Ini Langkah Dirjen Hubud
Tribun Pontianak
Ilustrasi 

SURYAMALANG.COM - Capt Sutopo Putro, pilot Lion Air, dinyatakan meninggal dunia sekitar pukul 17.50, Minggu (22/3/2020) oleh dokter tim medis.

Sang pilot meninggalkan dunia karena virus corona Covid-19 di sebuah rumah sakit swasta di Tangerang.

Terkait kejadin ini, Dirjen Perhubungan Udara mengambil langkah serius untuk pencegahan pandemi virus Corona.

"Mengingat bahwa saat ini adalah masa pandemi virus corona, maka kami tetap mengambil langkah-langkah precautionary sebagaimana dianjurkan oleh ICAO, WHO, Kementerian Kesehatan RI, Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19," kata Dirjen Perhubungan Novie Riyanto dalam keterangan tertulis, Selasa (24/3/2020).

Novie juga mengatakan, ada Surat Edaran Dirjen Perhubungan Udara yang juga telah diadopsi oleh seluruh maskapai penerbangan nasional menjadi standard operating procedures (SOP).

"Terkait dengan tindak lanjut jika diketahui ada ODP (orang dalam pemantauan) dan atau PDP (pasien dalam pengawasan),” tutur dia.

Novie menjelaskan, Lion Air yang merupakan maskapai dari pilot yang meninggal karena diduga Covid-19, telah melakukan tracing terhadap personel lainnya yang mungkin berinteraksi dengan almarhum dalam kurun 14 hari terakhir.

Dirjen Hubud kemudian meminta personel-personel tersebut diarahkan untuk segera melakukan pemeriksaan medis dan diminta untuk melakukan self-quarantine (karantina mandiri).

Hal tersebut, kata Novie, sesuai dengan Surat Direktur Jenderal Perhubungan Udara kepada Operator Pesawat Udara, 5 Februari 2020, yang mengacu pada protokol Kementerian Kesehatan.

Selain itu sesuai dengan protokol Kementerian Kesehatan yang tercantum dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Udara nomor SE 4 tahun 2020 tentang Prosedur Penanganan Penyakit Menular.

Halaman
12
Editor: eko darmoko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved