Polda Jatim Amankan 249 Orang yang Masih Nekat Nongkrong dan Berkerumun di Warkop & Tempat Hiburan

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menuturkan, ratusan orang yang diamankan itu para pengunjung ataupun pemilik tempat hiburan

TRIBUNJATIM/Luhur Pambudi
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko 

SURYAMALANG.COM,SURABAYA - Sedikitnya 249 orang diamankan oleh Polda Jatim karena diduga membangkang dan mengabaikan protokol keselamatan di tengah wabah virus Corona (Covid-19).

Ratusan orang itu kedapatan masih berkerumun atau nongkrong di area publik, seperti warung kopi (warkop) atau tempat hiburan sejenis.

Jumlah orang yang diamankan itu merupakan akumulasi dari hasil patroli sosialisasi pencegahan Covid-19 yang dilakukan oleh 12 polres dan polresta di Jatim, pada Kamis (26/3/2020) malam.

Sarinah Malang Tutup Gerai, Tapi Tetap Layani Pelanggan dengan Program Private Sale

Kendaraan Masuk Kota Surabaya Disemprot Disinfektan, Aksi Polisi dan Dishub Cegah Virus Corona

7 Foto Ayu Ting Ting Nganggur di Rumah, Main Tik Tok, Video Call, Berjemur Sampai Klesotan di Jalan

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menuturkan, ratusan orang yang diamankan itu terdiri dari para pengunjung ataupun pemilik tempat hiburan.

Mereka dibawa ke markas polisi setempat guna dimintai keterangan, dan kemudian diberikan pengertian akan bahaya Covid-19.

"Lalu kami minta mereka membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi lagi dan bersedia mendukung program pemerintah," katanya di Mapolda Jatim, Jumat (27/3/2020).

Ia memastikan sosialisasi serupa akan terus gencar dilakukan selama pemerintah pusat dan daerah masih menetapkan status darurat bencana nasional pagebluk Covid-19.

"Polda Jatim dan jajaran akan terus melakukan kegiatan ini sepanjang masyarakat belum patuh anjuran pemerintah berupa sosial distancing atau sosial fisical," tuturnya.

Dan sekali lagi ia menegaskan, anggota Polri di lapangan tidak akan segan mengamankan atau bahkan mengenakan sanksi pidana pada warga yang tidak kooperatif dengan imbauan petugas mengenai protokol keamanan dan keselamatan Covid-19.

"Bahkan tidak menutup kemungkinan, kami akan melakukan tindakan yang lebih tegas lagi yaitu penindakan secara hukum bagi masyarakat yang masih melanggarnya," pungkasnya.

Berikut daftar orang yang diamankan polres dan polresta di 12 kawasan Jatim;

1. Polresta Sidoarjo : 35 orang
2. Polresta Malang Kota : 40 orang
3. Polres Kediri : 10 orang
4. Polres Trenggalek : 10 orang
5. Polres Pasuruan Kota : 10 orang
6. Polres Bondowoso : 9 orang
7. Polres Malang : 18 orang
8. Polres Bojonegoro : 15 orang
9. Polres Pasuruan : 23 orang
10. Polres Bangkalan : 11 orang
11. Polres Batu : 5 orang
12. Polrestabes Surabaya : 63 orang

(Luhur Pambudi)

Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved