Breaking News:

Berita Kota Batu

1 Pendaki Terpisah dari Rombongan & Diduga Hilang di Gunung Buthak, BPBD Kota Batu Lakukan Pencarian

Pusdalops BPBD Kota Batu melaporkan adanya pendaki yang hilang di Gunung Buthak.

BPBD Kota Batu
Petugas tengah berkomunikasi dengan para rombongan pendaki yang salah satu anggotanya hilang di Gunung Buthak. 

SURYAMALANG.COM, BATU – Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu melaporkan adanya pendaki yang hilang kontak pada Senin, 13 April 2020 sekitar pukul 12.00 WIB. Pendaki yang hilang tengah melakukan pendakian ke Gunung Buthak.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim, mengatakan pendaki yang saat ini dicari atas nama Jopi Pranata. Berdasarkan informasi dari laporan tertulis, Jopi bersama rombongan berangkat pada Jumat, 10 April 2020 pukul 08.00 WIB dengan tujuan Gunung Buthak.

Rombongan tiba di Pos 3, dekat Kali Ampuh, untuk beristirahat sekitar pukul 19.00 WIB. Saat melanjutkan perjalanan, Jopi lari ke arah bawah, keluar jalur pendakian dan melompat ke semak-semak.

“Di sekitar daerah survivor terakhir kali diketahui, ditemukan sepatu, kaos kaki dan topi milik survivor. Setelah jarak 50 meter, tidak ditemukan jejak survivor. Selama 2 hari, rombongan mencari survivor dan mendirikan tenda di Pos 3,” terang Rochim, Senin (13/4/2020).

Setelah mendapatkan laporan, petugas langsung melakukan operasi pencarian.

Operasi pencarian mandiri dilaksanakan oleh Polsek Batu, Perhutani, Linmas, warga, relawan dan dua orang rekan dari rombongan.

Petugas operasi berangkat pada Senin, 13 April 2020 mulai pukul 06.00 WIB via Parangterjo, Desa Princi, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

“Saat ini personel dari Basarnas Surabaya, Koramil Junrejo, Polsek Junrejo, Perhutani, Perangkat Desa Tlekung, Tagana Kota Batu, RAPI Kota Batu, Linmas Tlekung dan warga setempat melakukan koordinasi untuk operasi pencarian lebih lanjut di Pos Parangtejo,” papar Rochim.

Informasi di lapangan, Jopi adalah warga Dusun Gangsiran, Desa Tlekung. Kecamatan Junrejo.

Hingga Senin sore sekitar pukul 17.00, belum ada laporan kalau Jopi telah ditemukan.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved