Breaking News:

Berita Kota Batu

Pendaki Gunung Buthak yang Hilang Belum Ditemukan, SAR Buka 2 Jalur Pencarian

Pencarian pendaki yang hilang di jalur menuju Gunung Buthak masih berlanjut, Selasa (14/4/2020)

Penulis: Benni Indo
Editor: isy
PMI Kota Batu
Tim SAR bersama PMI Kota Batu dan para relawan berkoordinasi sebelum melaksanakan pencarian pendaki Gunung Buthak di hari kedua kawasan Dusun Princi, Selasa (14/4/2020). 

SURYAMALANG.COM, BATU – Pencarian pendaki yang hilang di jalur menuju Gunung Buthak masih berlanjut, Selasa (14/4/2020). Hingga Selasa sore pukul 17.00, belum ada laporan pendaki yang hilang ditemukan.

Dantim Basarnas Surabaya, Satrio Nurridanto, mengatakan hari ini adalah hari kedua dilakukan pencarian terhadap pendaki yang hilang atas nama Jopi Pranata. Sesuai UU SAR No 29/2014, operasi pencarian dilaksanakan selama tujuh hari.

“Kami mendapat laporan Senin tanggal 13 April 2020. Hari ini hari kedua dan kami bagi menjadi 6 search and rescue unit (SRU),” ujar Satrio, Selasa (14/4/2020).

Satrio mengatakan melibatkan 120 orang dalam upaya mencari keberadaan Jopi di jalur menuju Gunung Buthak.

Tim membagi jalur pencarian, jika sebelumnya hanya lewat jalur Parang Tejo di Dusun Princi, kini dibuka juga jalur melalui Panderman.

“Kami bagi menjadi dua jalur, Princi dan Panderman karena korban tujuannya ke Gunung Buthak. Di pos tiga los kontak, menurut keterangan dari teman-temannya, menuju ke bawah. Kemungkinan korban turun ke bawah Panderman,” ungkapnya.

Satrio kembali menjelaskan kronologis hilangnya Jopi.

Diterangkannya, rombongan berjumlah 16 orang, satu perempuan dan 16 pria berangkat menuju Gunung Buthak pada Jumat 10 April 2020.

Ketika beristirahat di Pos 3 sekitar pukul 19.00 WIB, kemudian Jopi lari ke arah bawah, dan masuk ke semak-semak.

Rekannya yang lain mencoba untuk menemukan Jopi, namun tidak membuahkan hasil.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved