Jadwal Buka Puasa Malang Surabaya dan Jakarta Jumat 22 Mei 2020 & Tausiyah Berkah Ustad Dr Zainuddin

Jadwal Buka Puasa Malang Surabaya, Jakarta dan Video Tausiyah Berkah oleh Ustad Dr Zainuddin mengenai hukum memberikan zakat ke Muallaf yang kaya

SURYAMALANG.COM/kolase TribunSumsel.com/medicalnewstoday.com
Jadwal buka puasa 27 April 2020 

SURYAMALANG.COM, Malang Simak Jadwal Buka Puasa Malang Surabaya, Jakarta dan Video Tausiyah Berkah oleh Ustad Dr Zainuddin. 

Jadwal Buka Puasa Malang Surabaya dan Jakarta, ini melansir dari Kementrian Agama yang sudah dirilis sejak awal Ramadhan 1441 H. 

Perlu diketahui bahwa Jadwal Buka Puasa Malang dan Surabaya ini setiap daerah berbeda-beda dikarenakan letak geografisnya, sehingga sangat penting untuk mengetahui Jadwal Buka Puasa Malang Surabaya dan Jakarta. 

Namun sebelum melihat jadwal Buka Puasa Malang Surabaya dan Jakarta, simak Tausiyah Berkah oleh Ustad Dr Zainuddin dengan tema Mualaf Berhak Menerima Zakat?

Menurut Ustad Dr Zainuddin , bahwa Mualaf itu memang berhak menerima zakat sesuai dengan aturan dalam al quran.

Diperintah oleh Rasullah untuk memberikan zakat sebagai upaya mengsucikan diri mereka, selanjutnya distribusi juga dijelaskan dalam Al Quran 8 Golongan. 

8 Golongan penerima zakat

  • 1. Fakir ialah orang-orang yang memiliki harta namun sangat sedikit. Orang-orang ini tak memiliki penghasilan sehingga jarang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan baik.
  • 2. Miskin Di atas fakir, ada orang-orang yang disebut miskin. Mereka adalah orang-orang yang memiliki harta namun juga sangat sedikit. Penghasilannya sehari-hari hanya cukup untuk memenuhi makan, minum dan tak lebih dari itu.
  • 3. Amil Mereka adalah orang-orang yang mengurus zakat mulai dari penerimaan zakat hingga menyalurkannya kepada orang yang membutuhkan.
  • 4. Mu'allaf Orang yang baru masuk Islam atau mu'allaf juga menjadi golongan yang berhak menerima zakat. Ini bertujuan agar orang-orang semakin mantap meyakini Islam sebagai agamanya, Allah sebagai tuhan dan Muhammad sebagai rasulNya.
  • 5. Riqab / Memerdekakan Budak
  • Di zaman dahulu, banyak orang yang dijadikan budak oleh saudagar-saudagar kaya. Inilah, zakat digunakan untuk membayar atau menebus para budak agar mereka dimerdekakan. Orang-orang yang memerdekakan budak juga berhak menerima zakat.
  • 6. Gharim (Orang yang Memiliki Hutang) Gharim merupakan orang yang memiliki hutang. Orang yang memiliki hutang berhak menerima zakat. Namun, orang-orang yang berhutang untuk kepentingan maksiat seperti judi dan berhutang demi memulai bisnis lalu bangkrut, hak mereka untuk mendapat zakat akan gugur.
  • 7. Fi Sabilillah
  • Yang dimaksud dengan sabilillah adalah segala sesuatu yang bertujuan untuk kepentingan di jalan Allah. Misal, pengembang pendidikan, dakwah, kesehatan, panti asuhan, madrasah diniyah dan masih banyak lagi.
  • 8. Ibnu Sabil
  • Ibnu Sabil disebut juga sebagai musaffir atau orang-orang yang sedang melakukan perjalanan jauh termasuk pekerja dan pelajar di tanah perantauan.

Mualaf berada pada urutan no 4 penerima zakat, mesikpun Mualaf ini kaya atau miskin dia tetap berhak menerima zakat. 

Alasan mengapa Mualaf ini menjadi golongan penerima zakat, karena dari hal itu akan membuat lebih cinta islam. 

Rasulullah SAW menjelaskan bahwa ada makna dibalik mengapa Rasulullah memberikan zakat kepada mualaaf, agar mereka semakin cinta dan mengokohkan imannya. 

Halaman
123
Penulis: Farid Farid
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved