Breaking News:

Berita Surabaya Hari Ini

Beda Perlakuan Tentang New Normal di Surabaya dan Malang Dijalankan Pemprov Jatim, Ini Kata Gubernur

Beda Perlakuan Tentang New Normal di Surabaya dan Malang Dijalankan Pemprov Jatim, Ini Kata Gubernur

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: eko darmoko
SURYAMALANG.COM/Fatimatus Zahroh
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa pihaknya bersama Forkopimda Jatim dan Forkopimda Malang Raya tidak akan memperpanjang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menetapkan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk kawasan Malang Raya yaitu Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu, dilangsungkan sekali saja dan berakhir pada tanggal 30 Mei 2020 mendatang.

Pasca restriksi PSBB satu tahap saja, Malang Raya kini tengah disiapkan masuk pada masa transisi menuju tata kehidupan normal baru atau yang ramai disebut dengan New Normal life di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Lalu bagaimana dengan Surabaya Raya (Kota Surabaya, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sidoarjo), yang saat ini sudah memasuki masa restriksi PSBB tahap ketiga, akankah Surabaya segera mengikuti Malang Raya menuju New Normal?

Menjawab pertanyaan tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa proses menuju New Normal tidak bisa melompat-lompat.

Harus ada tahapan progres penghentian pandemi yang terukur untuk bisa mengarah pada tata kehidupan normal baru.

Bahkan sebelum masuk ke New Normal harus didahului dengan tahap transisi yang juga memiliki pedoman yang harus dipenuhi sebagaimana arahan dari World Health Organization (WHO).

“Kalau untuk Surabaya mungkin tahapan untuk New Normal itu harus kita lihat dari banyak hal."

"Kalau berpedoman dari PBB, saat memasuki New Normal itu, perkembangan kasus harus turun sebanyak 50 persen dalam 14 hari terakhir. Kalau masuk ke transisi itu ada enam item syaratnya,” kata Khofifah, Jumat (29/5/2020).

Masa transisi ini harus dilewati sebelum suatu daerah bisa menerapkan New Normal.

Enam item tersebut sebagaimana ditetapkan WHO yang pertama adalah adanya bukti bahwa persebaran Covid-19 terkontrol.

Halaman
123
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved