Breaking News:

Virus Corona di Jember

Warga Berharap Biaya Rapid Test Terjangkau dan Mudah, Dapatkan Surat Keterangan Sehat Juga Sulit

Warga berharap pemeriksaan cepat skrining Covid-19 (rapid test) secara mandiri berbiaya murah dan terjangkau.

SURYAMALANG.COM/Sri Wahyunik
Sumarni menunjukkan surat keterangan sehat dan tes bebas terindikasi Corona sebelum naik KA Probowangi di Stasiun Jember, Jumat (12/6/2020). Biaya rapid test mandiri masih mahal 

SURYAMALANG.COM, JEMBER - Warga berharap pemeriksaan cepat skrining Covid-19 (rapid test) secara mandiri berbiaya murah dan terjangkau.

Apalagi jika hasil pemeriksaan dengan hasil non reaktif itu nantinya digunakan untuk beberapa persyaratan, seperti persyaratan bepergian naik transportasi umum seperti naik kereta api.

Seorang ibu rumah tangga asal Kelurahan Kebonsari Kecamatan Sumbersari, Puji Rahayu, mengatakan tidak mempersoalkan persyaratan disertakannya hasil pemeriksaan rapid tapi jika biayanya mahal ya jadi ganjalan.

"Karena itu juga untuk mengetahui kondisi kesehatan kita. Tetapi kalau bisa terjangkau-lah kalau harus berbayar karena melakukan secara mandiri," ujar Puji ketika ditemui SURYAMALANG.COM di Stasiun Jember, Jumat (12/6/2020).

Dia hendak bepergian ke Yogyakarta naik KA Sritanjung.

Dia dan ibunya mengantongi hasil pemeriksaan rapid test, yakni non reaktif.

Pemeriksaan itu merupakan satu dari sejumlah syarat yang diwajibkan oleh PT KAI bagi calon penumpang KA di masa pandemi Corona ini.

Puji mengeluarkan uang Rp 285.000 untuk biaya tes rapid satu orang. Karena dia melakukan pemeriksaan untuk dua orang, jadi harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 570.000.

Ketika SURYA bertanya berapa idealnya biaya tes rapid secara mandiri? Puji menyarankan patokan biaya di kisaran tidak lebih dari Rp 100.000 

"Jangan lebih dari Rp 100.000-lah. Kalau maksimal Rp 100.000 masih terjangkau, jangan lebih dari itu. Itu menurut saya," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved