Breaking News:

Buku Biografi Gombloh: Revolusi Cinta dari Surabaya, Kisah Musisi dan Pejuang Kemanusiaan

Penulis sekaligus pelukis asal Jawa Timur, Guruh Dimas Nugraha, baru saja menerbitkan sebuah buku biografi tentang musisi besar Tanah Air, Gombloh.

SURYAMALANG.COM/Saiful Sholichfudin
Guruh Dimas Nugraha penulis buku Gombloh: Revolusi Cinta dari Surabaya 

SURYAMALANG.COM, SIDOARJO - Penulis sekaligus pelukis asal Jawa Timur, Guruh Dimas Nugraha, baru saja menerbitkan sebuah buku biografi tentang musisi besar Tanah Air, Gombloh.

Buku berjudul Gombloh: Revolusi Cinta dari Surabaya ini diterbitkan Airlangga University Press, 2020.

Guruh Dimas Nugraha, lulusan Sastra Indonesia Universitas Airlangga (Unair) Surabaya ini mengaku sudah mengidolakan Gombloh sejak kanak-kanak.

"Saat masih SD, saya sudah menyukai Gombloh. Segala literatur dan kaset tentangnya saya koleksi," kata Dimas, ditemui SURYAMALANG.COM di Kedai Kopi Ciggie Biggie, Waru, Sidoarjo, Kamis (10/9/2020).

Bermula dari kesukaannya terhadap lagu-lagu Gombloh, Dimas pun mulai menyusun biografi ini, dan dirintis sejak tahun 2011 silam.

"Saya mulai serius riset tentang Gombloh sejak tahun 2011. Saat itu, saya tulis dalam blog. Kemudian saya kompilasi, saya susun kronologi waktunya (kehidupan Gombloh) dan kemudian diterbitkan jadi buku," papar Dimas, yang juga berpredikat sebagai vokalis Sekaring Jagad.

Riset tentang Gombloh menjadi pengalaman paling berkesan menurut Dimas.

Pasalnya, ia bisa bersinggungan dengan orang-orang yang pernah hidup sezaman dengan Gombloh.

Seperti diketahui, Gombloh adalah musisi legend Indonesia yang lahir di Jombang, Jawa Timur, 12 Juli 1948, dan meninggal dunia di Surabaya, 9 Januari 1988. Gombloh memiliki nama asli Soedjarwoto.

Dimas menceritakan, Gombloh bukan sekadar musisi yang lihai membuat musik dan lirik lagu.

Halaman
12
Penulis: Eko Darmoko
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved