Breaking News:

Virus Corona di Malang

Anggota Dewan Sarankan Pemkot Malang Maksimalkan Labkesda dan Lakukan Swab Gratis untuk Warga

Sejumlah saran dari berbagai pihak kini mulai bermunculan agar status zona Covid-19 di Kota Malang bisa merangkak naik ke zona hijau

rifky edgar/suryamalang.com
anggota DPRD Kota Malang, Ahmad Fuad Rahman 

SURYAMALANG.COM | MALANG - Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang bersama Forkopimda Kota Malang guna menekan penyebaran Covid-19 di Kota Malang. Sejumlah saran dari berbagai pihak kini mulai bermunculan agar status zona Covid-19 di Kota Malang bisa merangkak naik ke zona hijau.

Seperti saran dari anggota DPRD Kota Malang, Ahmad Fuad Rahman yang mendorong Pemkot Malang agar memaksimalkan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) untuk uji swab test gratis kepada masyarakat. Politisi PKS tersebut menilai, bahwa status Covid-19 Kota Malang bisa masuk ke zona hijau asalkan Pemkot Malang melaksanakan program swab test gratis kepada warganya.

"Minimal kalau mau ke zona hijau harus melakukan testing ke 9.000 jiwa selama satu minggu, minimal 10 persen dari jumlah penduduk Kota Malang," ucapnya belum lama ini kepada SURYAMALANG.COM.

Menurutnya, dengan adanya swab test gratis tersebut nantinya akan semakin mempermudah Pemkot Malang dalam mengkoordinir masyarakat yang terkena Covid-19.

Baru setelah itu, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan ialah melakukan Treatment Tracing dan Tracking (3T) untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Kalau tidak testing, bagaimana kita tahu kalau ada yang positif. Minimal per hari ada 1.500 orang yang dites. Dari hasil itu kita bisa mengetahui dan lebih mudah mengatur masyarakat agar lebih berhati-hati," ucapnya.

Fuad mendorong kepada Pemkot Malang agar saran yang dia berikan dapat menjadi prioritas Pemkot Malang di tahun di 2021.

Menurutnya, prioritas yang harus dikedepankan di masa pandemi Covid-19 ini ialah percepatan penanganan dari pandemi itu sendiri.

Ada tiga fokus perhatian utama yang menjadi catatan dirinya di tahun 2021 mendatang. Di antaranya ialah di sektor pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

"Karena di Surabaya sana berani melakukan swab test gratis kepada warganya. Kita juga harus berani. Kalau bisa itu diprioritaskan di tahun 2021," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved