Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Rina Kusumawati: Harus Bisa Bagi Waktu Antara Mengajar Dan Program Guru Penggerak

Rina Kusumawati termasuk guru SD lolos seleksi di Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) angkatan pertama

SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Guru SDN Rampal Celaket 2 Kota Malang, Rina Kusumawati sedang mengikuti kegiatan Program Pendidikan Guru Penggerak yang diselenggarakan Kemendikbud angkatan pertama. Selain ikut pelatihan selama sembilan bulan juga harus tetap menjalankan tugasnya sebagai guru 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Rina Kusumawati, guru kelas 5 di SDN Rampal Celaket 2 Kota Malang merupakan salah satu guru SD lolos seleksi di Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) angkatan pertama yang diadakan Kemendikbud.

Karena masih mengajar meski daring, maka ia harus bisa membagi waktu dengan pelatihan PGP. Di salah satu ruang di sekolah, ia nampak berkutat dengan laptopnya.

"Mudah-mudahan tidak ada kendala menjalankan keduanya. Maka untuk pembelajaran siswa harus disiapkan lebih dulu. Misalkan dalam satu minggu, program pembelajaran buat siswa harus siap," jelas Rina pada suryamalang.com, Jumat (16/10/2020).

Sebab kegiatan PGP mulai pagi sampai sore hari pukul 16.00 WIB. Di sekolahnya, ada tiga guru yang ikut seleksi PGP. Namun hanya satu yang lolos.

Di tingkat gugus sekolah di Kecamatan Klojen, ada dua guru SD yang lolos seleksi. Satu guru di SDN Rampal Celaket 2. Dan satu guru di SDN Rampal Celaket 1.

"Saya ikut seleksi ini untuk pengembangan diri sebagai guru. Juga buat memotivasi teman sejawat," kata calon Guru Penggerak.

Dalam PGP juga ada materi belajar tentang kepemimpinan.

"Pelatihan PGP selama sembilan bulan. Minggu ini baru mulai. Angkatan pertama akan selesai Agustus 2021. Masih panjang waktunya," kata dia.

Di Kota Malang ada 70 guru yang lolos seleksi angkatan pertama mulai dari guru TK sampai SMA.

Sementara itu, Mendikbud Nadiem Karim resmi membuka kegiatan PGP angkatan pertama pada Kamis (15/10/2020).

Halaman
123
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved