Breaking News:

HUT Harian Surya 31

Dari Masker Kain Tenun, Pemkot Kediri Bangkitkan Perekonomian Masyarakat di Masa Pandemi

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, menjelaskan di awal pandemi Covid-19 membuat pemerintah Kota Kediri sempat gagap

Penulis: Didik Mashudi | Editor: isy
didik mashudi/suryamalang.com
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dalam keseharian selalu memakai masker dari bahan kain tenun ikat. 

SURYAMALANG.COM | KEDIRI - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyebutkan, Kota Kediri menjadi salah satu role model penanganan Covid 19 sekaligus membangkitkan pertumbuhan ekonomi di masyarakat. Upaya itu berawal dari industri tradisional kain tenun ikat Kelurahan Bandar Kidul, Kota Kediri.

Di awal pandemi puluhan industri tradisional ini nyaris tutup dan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) ratusan karyawannya. Namun di saat kritis, industri kain tradisional yang nyaris tutup kembali tertolong serta mampu membangkitkan perekonomian masyarakat.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, menjelaskan di awal pandemi Covid-19 membuat pemerintah Kota Kediri sempat gagap. Apalagi Kemenkes dan WHO sempat mengeluarkan informasi yang berbeda.

Ternyata upaya menangkal Covid 19 dilakukan menjaga jarak, memakai masker dan rajin mencuci tangan, termasuk masker yang digunakan ternyata tidak hanya masker medis, tapi masker yang dapat menahan droplet. 

Di pihak lain, dengan adanya Covid 19 bakal terjadi turbulensi ekonomi berkepanjangan, sehingga pemerintah berupaya supaya uang dapat terus berputar di Kota Kediri

"Setelah kami diskusikan, kemudian kami memesan ribuan masker yang bahan bakunya dari kain tenun ikat. Termasuk penjahitnya dari Kota Kediri," ungkap Abdullah Abu Bakar, Rabu (4/11/2020).

Kebijakan itu ternyata membuat industri kain tenun ikat yang sempat berencana melakukan  PHK karyawan dapat bergerak kembali. 

Sementara untuk merawat penderita yang terkena Covid 19, Pemkot Kediri telah menyiapkan Rumah Sakit (RS) Kilisuci yang berlokasi di eks RSUD Gambiran.

Pasien yang rumahnya tidak layak untuk melakukan isolasi mandiri kemudian dirawat di RS Kilisuci.

"Kami berempati kepada masyarakat tidak mampu serta adanya orang tanpa gejala (OTG). Keberadaan OTG sebenarnya dapat dirawat di rumah dengan isolasi mandiri," jelasnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved