Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Pemkot Batu akan Bentuk Tim Teknis Khusus terkait Proyek Pembangunan Kereta Gantung

Pemkot Batu akan membentuk tim teknis khusus yang akan konsultasi dengan pihak tertentu terkait rencana pembangunan kereta gantung.

Penulis: Benni Indo | Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko rapat virtual dengan PT Inka membahas keberlanjutan pembangunan kereta gantung, Kamis (26/11/2020). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Pemkot Batu akan membentuk tim teknis khusus yang akan konsultasi dengan pihak tertentu terkait rencana pembangunan kereta gantung.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengemukakan, saat ini dirinya tengah mengkonsultasikan siapa saja yang akan mengisi tim teknis khusus ini. Apakah dari kedinasan atau orang ahli.

"Jadi kami membentuk tim teknis khusus yang akan konsultasi ke PT Inka, Dirjen Perhubungan Darat maupun Dirjen Perkeretaapian. Tim khusus sedang kami cari, apakah dinas terkait atau para ahli," ungkapnya setelah menggelar pertemuan virtual dengan PT Inka dari Balaikota Aming Tani, Kamis (26/11/2020).

Dalam kesempatan itu, Dewanti juga menjelaskan kalau Pemkot Batu dengan PT Inka tidak perlu membuat kerjasama. Hal yang perlu dilakukan cukup dengan surat menyurat saja.

Dewanti sekaligus meluruskan informasi terkait rencana kerjasama yang sempat dibahas beberapa waktu lalu.

"Dengan PT Inka tidak perlu MoU, itu yang kami pelajari. Mereka bersurat saja, kami bilang 'iya', itu sudah selesai. Ada hal-hal yang diluruskan di sini," ujarnya.

Pasalnya, pihak yang dapat membuat kereta api di Indonesia hanya PT Inka. PT Inka merupakan badan usaha milik negara (BUMN).

"Jadi kerjasama itu, kalau antar daerah dengan BUMN, tidak perlu MoU yang mengikat. Lagipula memang tidak ada lagi yang bisa membuat perkeretaapian," terangnya.

Dalam pertemuan virtual itu, PT Inka juga memperkenalkan PT Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII).

Perusahan ini, kata Dewanti, memiliki pengalaman mengerjakan proyek yang dananya di luar dari BUMN atau BUMD.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved