Breaking News:

Uang 1 Miliar Rusak Dimakan Serangga, Disimpan Nenek di Kaleng Susu, Kini Remuk Tinggal Serpihan

Bagaimana rasanya melihat uang Rp 1 miliar rusak dimakan serangga? nasib malang itu dialami nenek setelah menyimpan uangnya di kaleng susu

Penulis: Sarah Elnyora | Editor: Adrianus Adhi
Suryamalang.com/kolase Shutterstock/Penang Big News
Ilustrasi nenek - uang 1 miliar rusak dimakan serangga, disimpan nenek di kaleng susu 

Total uang yang gue temuin di lemari setelah gue taksir itu sekitar 10jt an.

Yang dipisah jadi 2 bundle.

1 bundle udah jadi sarang rayap jadi langsung gue buang

1 bundle lagi yang dibungkus plastik yang gue foto, sejumlah 5,4 juta (yang bisa terhitung).

Atas saran temen-temen akhirnya tadi pagi gue pergi ke BI buat tuker uang gue.

Gue udah pesimis banget, karena sebelumnya gue sempet baca di webnya, dan gue pesimis kalo uang gue bisa ditukar.

Sampe di BI gue ambil nomor antrean, dan nunggu sampe nomor gue dipanggil.

Ternyata bukan cuma gue doang, di BI cukup banyak orang yang nuker uang, tapi... nukernya uang2 lecek sama recehan, yang nuker uang rayap gue doang

Pas nomor gue dipanggil, jujur bgt gue deg-degan.

Gue ngeluarin duitnya ati2 bgt krn udah serapuh dan separah itu.

Mas-mas yang ngelayanin gue mukanya sedih tp mau ketawa, gue juga gitu, ngerasa lucu tapi nyesek gitu lohh.

Tapi mas-masnya baik, ngebantu banget sih parah.

Masnya bantuin gue ngeluarin uang2nya, trs dipilah-pilih sama dia mana yang masih bisa ketolong, mana yang dibuang, foto di atas itu foto yang masih bisa ketolong dari 5,4jt

Terus gue bantuin buat misah-misahin uang yang masih bisa ketolong itu jadi selembar-selembar.

Sambil gue misahin itu duit, masnya periksa kondisi fisik uangnya pake alat.

Fungsi alat ini membaca kelayakan dan keutuhan uang secara fisik.

Uang yang dapat diganti harus memiliki keutuhan fisik sebesar min.67%.

Jadi kalau serinya hilang atau tidak lengkap, tapi keutuhan fisiknya di atas 67%, uangnya bisa diganti dengan uang baru.

Nah prosesnya kurang lebih kaya gini.

Uang yang keutuhan fisiknya di bawah 67% langsung dicap “TIDAK DIGANTI” sedih dah ngeliatinnya

Selisih persenannya soalnya sedikit di bawah 67%

Terus uang yang kondisinya di atas 67% dipisahin, dilem di atas kertas putih, terus digunting kaya gini

Dari 5,4jt uang gue yang diganti oleh BI senilai Rp1.050.000,00

Rayapnya laper banget kayaknya

Ini uang yang “TIDAK DIGANTI” terus kata masnya disimpen aja buat kenang-kenangan.

Dimasukin ke dalem plastik dong.

Buat rayap-rayap lain yang laper lumayan dan ini uang yang diganti BI.

Iya pake Rp 10 ribuan, yang lainnya katanya habis dituker sama uang koin

Btw ini suasana pas gue baru dateng, rame bgt pada nukerin uang koin dan uang lecek.

Ada juga ibu-ibu yang matanya sembab nangis gara-gara uangnya kecuci di rendeman bayclin

Semoga utasnya bermanfaat, makasi guys.'

Baca juga: Update Zona Merah Jatim Selasa 8 Desember 2020: Blitar & Probolinggo Zona Oranye, Jombang Zona Merah

Alhasil, uang senilai kurang lebih Rp 10 juta itu hanya bersisa sekitar 10 persennya.

Cerita itu pun lalu viral dan ditanggapi beragam komentar.

'Semangat buddin, semoga segera diganti sama Allah. Pelajaran dan pengingat buat semua juga,'

'Budin gila aku sedih banget bacanyaaaa,'

'Lain kali simpan di bank aja ya. Atau kalau terpaksa di brankas yg aman dan anti rayap,'

'Yaaah sayang banget huhu semoga jd pembelajaran kita semua. Skrg di bank juga bisa kok simpen uang tp uangnya ga boleh kita ambil sampe jangka waktu tertentu jd ga perlu takut2 kalo uangnya bakal kita pake. Mangatssss ya,' 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved