Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Kadin Batu Bantu Pemasaran Tempe Warga Desa Beji, Dinas Terkait Belum Tetapkan Langkah

Kadin Batu akan berupaya membantu dari segi pemasaran, akan memanfaatkan jejaring untuk memasarkan tempe hingga segmentasi kalangan menengah atas

SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Agus Rohman, pengusaha tempe saat berada di pabrik pembuatan tempe miliknya di Desa Beji. Ia harus berpikir keras agar usahanya tetap berjalan di tengah meroketnya harga kedelai. 

Penulis : Benni Indo , Editor : Dyan rekohadi

SURYAMALANG.COM, BATU - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batu akan membantu pemasaran tempe dari sentra di Desa Beji, Kota Batu.

Ketua Kadin Kota Batu, Endro Wahyu Wijoyono mengemukakan, dirinya akan memanfaatkan jaringan di dalam Kadin untuk memperoleh pangsa pasar.

"Kadin akan berupaya membantu dari segi pemasaran. Kami akan memanfaatkan jejaring untuk memasarkan tempe hingga segmentasi kalangan menengah atas," katanya, Selasa (5/1/2021).

Diterangkan Endro, melonjaknya harga kedelai berdampak terhadap biaya produksi produksi pengrajin tempe di Kampung Tempe, Desa Beji, Kota Batu.

Biaya produksinya meningkat hingga 50 persen sedangkan harga jualnya tak mampu menutup ongkos produksi. Laba yang mereka kantongi juga semakin surut.

Beberapa pelaku usaha di antaranya lebih memilih memperkecil ukuran untuk tetap bisa bertahan dan mengurangi pasokan bahan baku.

Bahkan juga ada pengusaha yang menghentikan sementara aktivitasnya.

Di sisi lain, Kadin Kota Batu meminta Pemkot Batu memberi perhatian kepada pengrajin tempe yang didera harga bahan baku yang meroket.

Pemkot Batu juga sempat menggeliatkan Kampung Tempe yang menjadi sentra produksi tempe sebagai destinasi wisata.

Halaman
1234
Penulis: Benni Indo
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved