Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

88 Sekolah di Kota Malang Jalin MoU dengan APSAI Terkait Sekolah Adiwiyata, Ini Tujuannya

Sebanyak 88 sekolah melakukan MoU atau kerja sama dengan Yayasan Aksi Pengembang Sekolah Adiwiyata (APSAI) Pusat Malang

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: isy
sylvianita widyawati/suryamalang.com
Kegiatan MoU antara 88 sekolah dengan Yayasan APSAI Pusat Malang di SDN Madyopuro 2 Kota Malang, Selasa (2/2/2021). MoU ini terkait soal Sekolah Adiwiyata. 

SURYAMALANG.COM | MALANG - Sebanyak 88 sekolah melakukan MoU atau kerja sama dengan Yayasan Aksi Pengembang Sekolah Adiwiyata (APSAI) Pusat Malang.

Kegiatan ini dilakukan di halaman SDN Madyopuro 2 Jalan Danau Jonge Kota Malang, Selasa (2/2/2021).

Ketua Yayasan APSAI, Drs Samsudin MSi, mengatakan sebelumnya APSAI telah melakukan kegiatan bersama dengan 88 sekolah tersebut.

"Namun perlu dikuatkan lewat MoU agar dokumennya bisa bermanfaat buat sekolah, seperti untuk akreditasi, penilaian Adiwiyata dan penilaian sekolah lainnya," kata Samsudin pada suryamalang.com di sela acara.

Ia menerangkan pendampingan APSAI pada sekolah Adiwiyata dimulai sejak perencanaan; pelaksanaan dan pemantauan.

Menurut Samsudin, yayasannya membina sekolah sesuai dengan permen 52/2019 untuk melaksanakan gerakan perilaku dan berbudaya lingkungan.

Contoh kegiatan perencaan seperti di di kurikulum pada satuan pendidikan, misalkan membuat rencana aksi yang diwujudkan dalam proses pembelajaran di RPP. 

"Ini untuk mengajak dan mendidik anak peduli pada lingkungan dan memiliki jiwa konservasi," paparnya.

Dalam kondisi pandemi, maka yang dilakukan ke siswa lebih pada pembelajaran kontekstual pada lingkungan sendiri, yaitu melihat dan mempelajari sekitarnya.

"Ini pernah kami lakukan untuk siswa SMPN 16 lewat daring. Anak-anak bisa memetakan lingkungan hidup sekitarnya, ekonomi dan sosial," jelasnya.

Pendampingan yayasan selain menyentuh sekolah, ke siswa dan guru-guru.

Ia tak menduga antusiasme sekolah cukup banyak untuk MoU.

"Nanti mereka akan kami ajak MoU dengan Taman Rekreasi Sengkaling UMM jika kondisi pandemi sudah reda. Selain wisata juga bisa belajar pendidikan keterampilan hidup seperti menanam padi," kata Samsudin.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved