Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Gubernur Khofifah Tinjau Program Sanitary Landfill di TPA Supiturang Kota Malang

Pemerintah Kota Malang kini sedang mengembangkan program sanitary landfill.

Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah | Editor: isy
Pemkot Malang
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Wali Kota Malang Sutiaji saat melakukan peninjauan sanitary landfill di TPA Supit urang kota Malang pada Selasa, (16/3/2021). 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Rifky Edgar
Editor Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | MALANG - Dalam mewujudkan pengelolaan sampah yang maksimal di Kota Malang, Pemerintah Kota Malang kini sedang mengembangkan program sanitary landfill.

Program sanitary landfill yang merupakan bantuan dari Jerman tersebut kini baru mulai difungsikan untuk pengelolaan sampah di Kota Malang.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, melakukan peninjauan langsung ke TPA Supiturang pada Selasa (16/3/2021).

Orang nomor satu di Jawa Timur tersebut melihat langsung lokasi pembuangan sekaligus pengolahan sampah yang ada di TPA Supiturang dengan didampingi Wali Kota Malang, Sutiaji dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang, Wahyu Setiyanto.

Dengan adanya proses pengelolaan sampah ini, Khofifah optimistis nantinya dapat menimbulkan multiplier profit yang baik bagi Kota Malang.

Salah satunya ialah dapat mensuplai kompos bagi para petani yang berada di daerah sekitar Kota Malang, seperti Kota Batu ataupun Kabupaten Malang.

"Ini sangat sehat, dan tentu nilai tambah bagi petani juga makin tinggi. Jadi kompos setelah pengolahan sampahnya bisa digunakan untuk memaksimalkan pupuk organik bagi para petani," ucapnya.

Selain itu, rencana ke depan Gubernur yang bakal dilakukan ialah menjadikan TPA Supit Urang menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTS).

Prosesnya pun dimulai dengan menyiapkan sanitary landfill, yang kemudian menuju ke proses pengolahan dan pemisahan sampah untuk menjadi kompos dan seterusnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved