Breaking News:

Berita Surabaya Hari Ini

BMKG Sarankan Wilayah 5 Pantai di Jatim Ini Dilatih Tanggap Bencana Gempa dan Tsunami

Audiensi tersebut terkait adanya warning BMKG tentang adanya potensi gempa bumi dan tsunami di lima titik pantai di Jawa Timur. 

Pemprov Jatim
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati melakukan audiensi dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membicarakan potensi gempa dan tsunami di Jatim. Audiensi digelar di Gedung Negara Grahadi, Jumat (19/3/2021) 

Berita Surabaya Hari Ini
Reporter: Fatimatuz Zahroh
Editor: Irwan Sy

SURYAMALANG.COM | MALANG - BMKG melakukan audiensi dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Jumat (19/3/2021).

Audiensi tersebut terkait adanya warning BMKG tentang adanya potensi gempa bumi dan tsunami di lima titik pantai di Jawa Timur. 

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyarankan pada Jawa Timur di wilayah yang terdeteksi adanya potensi bencana untuk dilakukan pelatihan tanggap bencana secara kontinyu pada masyarakatnya. 

Dwikora menjelaskan bahwa berdasarkan data yang ada, terdapat 5 titik pantai yang perlu mendapat perhatian khusus terkait mitigasi gempa bumi dan tsunami.

Titik tersebut didapat BMKG dari hasil 2 minggu survey di pesisir Jatim dari Pacitan sampai Banyuwangi. 

Kelima titik potensi gempa dan tsunami itu ada di Pacitan, Pancer dan Muncar di Banyuwangi, Prigi di Trenggalek, serta Tulungagung.

"Ini bukan prediksi pasti, hanya persiapan untuk skenario terburuk. Tapi tetap harus waspada, makanya kita wajib membuat masterplan untuk mengurangi dampak kerusakan," terang Dwikorita. 

Untuk Pacitan sendiri, dikatakan Dwikora terdapat 3 fault atau patahan di zona megatras yang berpotensi menimbulkan gempa 8,7 skala richter jika mengalami patahan naik.

Hal itu dapat menyebabkan tsunami dengan ketinggian maksimal 18 meter yang dapat masuk ke kota dengan jarak 6 kilo meter dari bibir pantai.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved