Breaking News:

Jendela Dunia

Serpihan Naskah Kuno Alkitab Ditemukan di Gua Horor Israel, Peninggalan Nabi Zakaria dan Nabi Nahum

Serpihan Naskah Kuno Alkitab Ditemukan di Gua Horor Israel, Peninggalan Nabi Zakaria dan Nabi Nahum

Editor: eko darmoko
Israel Antiquities Authority via BBC Indonesia
Serpihan naskah kuno Alkitab ditemukan di Gua Horor, Israel. 

SURYAMALANG.COM - Sebuah gua di gurun pasir Israel menjadi lokasi penemuan serpihan naskah kuno Alkitab dan benda kuno lainnya.

Ada yang menarik dalam 'temuan bersejarah' ini, yakni serpihan naskah Alkitab tersebut ditulis dalam bahasa Yunani tapi kata Tuhan ditulis dalam bahasa Hebrew atau Ibrahi.

'Temuan bersejarah' yang disebut para pejabat setempat ini merupakan temuan pertama selama lebih dari 60 tahun, dikutip SURYAMALANG.COM dari Kompas.com.

Naskah berusia 2.000 tahun itu diduga milik para pemberontak Yahudi yang melarikan diri ke bukit-bukit setelah gagal dalam pemberontakan melawan penguasa Romawi pada Abad Kedua.

Naskah kuno itu ditemukan dalam operasi agar gua-gua di padang pasir itu tidak dijarah.

Inilah temuan pertama sejak awal 1960-an.

Saat itu kepingan naskah kuno dan sekitar 40 kerangka manusia ditemukan di situs yang sama, yang kemudian dikenal sebagai Gua Horor.

Naskah kuno yang ditemukan ini berisi ayat dari buku-buku Nabi Zakaria dan Nabi Nahum, bagian dari ayat dalam kitab Twelve Minor Prophets.

Manuskrip ini ditulis dalam bahasa Yunani, bahasa yang digunakan setelah penaklukan Yudea (bagian selatan Palestina yang bergunung-gunung pada masa modern) oleh Aleksander Agung pada Abad Keempat sebelum masehi.

Kata Tuhan secara eksklusif ditulis dalam bahasa Ibrani.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved