Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

ADD di Kota Batu Telat Cair Hingga 3 Bulan

Pemerintah desa seluruh Kota Batu belum menerima haknya dari anggaran dana desa (ADD) sejak Januari hingga April 2021.

benni indo/suryamalang.com
Kepala Desa Junrejo, Andi Faisal Hasan. 

Berita Batu Hari Ini
Reporter: Benni Indo
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | BATU - Pemerintah desa seluruh Kota Batu belum menerima haknya dari anggaran dana desa (ADD) sejak Januari hingga April 2021.

Padahal, ADD tersebut dibutuhkan untuk menggaji dan menyelenggarakan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Selama empat bulan ini, sejumlah kepala desa bingung karena tidak mendapat gaji dan memiliki anggaran merealisasikan program.

Ketua Asosiasi Petinggi Lurah (APEL) Batu, Wiweko, menjelaskan awalnya transfer ADD berdekatan dengan penetapan APBDes pada Desember 2020 lalu.

Kemudian Pemerintah Desa tidak menggunakan anggaran tersebut karena dipastikan akan menimbulkan banyak Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA).

“Jelas tidak berani menggunakan karena akan ada banyak SILPA. Seharusnya ADD itu cair Februari, tapi karena pagu definitif itu diserahkan akhir Desember 2020, otomatis kami menyesuaikan. Pagu definitif ini kami tunggu sebenarnya,” katanya.

Pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan Pemkot Batu.

Wiweko kemudian mengetahui bahwa antara Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu kurang koordinasi.

“Yang membuat telat ini, katanya bendahara di BKAD baru ganti, kedua karena masalah BPJS yang 1 persen dan 4 persen. Perhitungannya katanya belum selesai,” paparnya.

Halaman
123
Penulis: Benni Indo
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved