Breaking News:

Korlantas Polri Luncurkan Aplikasi SIM Online, Polresta Malang Kota Langsung Lakukan Persiapan

Kasatlantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution mengatakan pihaknya telah siap menjalankan aplikasi tersebut.

Kukuh Kurniawan/TribunJatim.com
Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Ramadhan Nasution, saat menunjukkan aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR) Polri, Selasa (13/4/2021). 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Kukuh Kurniawan

SURYAMALANG.COM, MALANG - Korlantas Polri telah resmi meluncurkan aplikasi untuk pembuatan dan perpanjangan SIM (Surat Izin Mengemudi) secara online, Selasa (13/4/2021).

Aplikasi yang dilaunching tersebut bisa didownload di Play Store, dan diberi nama SIM Nasional Presisi (SINAR) Polri.

Menanggapi hal tersebut, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata melalui Kasatlantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution mengatakan pihaknya telah siap menjalankan aplikasi tersebut.

"Masyarakat tinggal mengikuti proses yang ada (petunjuk di aplikasi), tidak perlu datang ke kantor Satpas SIM. Kami pun telah siap menjalankan aplikasi itu, nantinya Satpas SIM Polresta Malang Kota akan menyesuaikan. Karena perlu maintenance yang dilaksanakan, yaitu penyambungan aplikasi ke Satpas SIM Polresta Malang Kota," ujarnya kepada TribunJatim.com (grup SURYAMALANG.COM).

Namun, ia menjelaskan untuk wilayah Malang Kota, sementara waktu aplikasi tersebut hanya dapat digunakan untuk perpanjangan SIM.

"Saat ini kami masih melaksanakan perpanjangan SIM, baik SIM A dan SIM C. Untuk yang baru (pembuatan SIM baru), kami masih menunggu aplikasi dari Korlantas Mabes Polri. Dan aplikasi SINAR tersebut, rencananya sudah bisa diterapkan di Kota Malang dalam satu atau dua hari ke depan," jelasnya.

Dirinya pun juga mengungkapkan, sedikit kelebihan yang ada di aplikasi SINAR tersebut.

"Sebetulnya tidak beda dengan yang di Satpas, namun masyarakat tidak pelru hadir ke Satpas. Masyarakat lakukan pendaftaran, lanjut dengan tes kesehatan, psikologi, pembayaran ke Bank BNI dan SIM pun sudah jadi dan dapat diambil," ungkapnya.

Dirinya juga menambahkan melalui aplikasi tersebut, masyarakat diberikan tiga pilihan dalam mengambil SIM yang sudah jadi.

"Bisa dapat langsung ambil sendiri, pada saat pencetakan SIM di Satpas SIM. Atau bagi masyarakat yang tidak bisa hadir, dapat memakai jasa PT Pos Indonesia atau bisa mewakilkan kepada yang diberikan kode verifikasi," tandasnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved