Breaking News:

Berita Surabaya Hari Ini

Pemkot Surabaya Putuskan Akan Lepas Surat Ijo Ke Kementerian, Selanjutnya Capai Tujuan Sertifikat

Eri menjelaskan, sudah siap untuk melepas atau menghibahkan Surat Ijo kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)

SURYAMALANG.COM/ISTIMEWA
Wakil Wali Kota Armuji saat menggelar pertemuan bersama Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Kemendagri, dan Kementerian ATR/BPN, di Kantor DPD RI, Jakarta, Kamis (15/4/2021). 

Penulis : Bobby Koloway , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Masalah lahan Surat Ijo di kota Surabaya terus berproses menuju tujuan utama yang diinginkan warga yang berubah statusnya menjadi sertifikat Hak Milik.

Update proses Surat Ijo kini sudah memasuki keputusan Pemkot Surabaya yang akan melepas tanah atau lahan yang masih berstatus Surat Ijo itu.

Rencananya, Pemkot akan menyerahkan lahan bersertifikat surat ijo ke pemerintah pusat.

Selanjutnya, sertifikasi menjadi Hak Milik (SHM) menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Komitmen itu disampaikan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam Rapat Koordinasi terkai Penyelesaian Tanah Surat Ijo Kota Surabaya yang digelar oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI), 15 Agustus 2021 lalu.

Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, menjalankan komitmennya dalam kampanye di Pemilihan Walikota (Pilwali) Surabaya tahun lalu.

Ia berusaha menuntaskan masalah Surat Ijo yang sudah lama menjadi problem bagi masyarakat

Eri menjelaskan, sudah siap untuk melepas atau menghibahkan Surat Ijo kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Republik Indonesia.

"Mulai awal Surat Ijo saya sampaikan kita lepas ke negara. karena itu disampaikan ke DPD RI karena PP-nya sudah jelas kalau ke negara adalah hibah, setelah itu berlaku UU Agraria, siapa yang menempati selama 20 tahun bisa mensertifikatkan," kata Eri saat ditemui usai meninjau simulai sekolah tatap muka di SMPN 1 Surabaya, Jumat 16 Januari 2021.

Halaman
123
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved