Breaking News:

Ramadan 2021

Ramadan Sebagai Madrasah Kesabaran

Ramadan hadir bagi kehidupan manusia beriman tentu sarat dengan perenungan dan pembelajaran dapat dijadikan sebagai madrasah kesabaran bagi kehidupan.

MUI Jatim
Wakil Sekretaris MUI Jatim dan Dosen STAI Syaichona Cholil Bangkalan, Fauzi Palestin. 

Ramadan 2021
Oleh: Fauzi Palestin
Wakil Sekretaris MUI Jatim dan Dosen STAI Syaichona Cholil Bangkalan

SURYAMALANG.COM - Alur kehidupan manusia kadang tak berjalan sesuai apa yang diharapkan, baik berkenaan dengan pekerjaan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Dalam ranah hablun minannas (hubungan sesama manusia) juga demikian, pada saat tertentu manusia dihadapkan pada situasi di mana ia tidak nyaman atas segala keadaan.

Pun yang kaitannya dengan hablun minallah (hubungan dengan manusia dengan Allah), manusia harus benar-benar mampu melaksanakan asas ketaatan kepada Rabnya.

Sabar dalam menjalankan ketaatan, sabar dalam menjauhi larangan, dan sabar atas manusia dalam keburukannya.

Demikianlah agama mengajarkan tentang kesabaran.

Ramadan hadir bagi kehidupan manusia beriman tentu sarat dengan perenungan dan pembelajaran, di antaranya, Ramadan dapat dijadikan sebagai madrasah kesabaran bagi kehidupan.

Ali Ahmad al-Jurjawi, salah seorang ulama Mesir, mengungkapkan: ”Puasa ditetapkan pada siang hari dan manusia sibuk dengan berbagai aktivitasnya lebih memberatkan terhadap jiwa dan raga di situ seseorang mendapatkan pahala yang agung di hadapan Allah. Sementara andai puasa diwajibkan pada malam hari, manusia tidak menjumpai perjuangan lebih karena malam hari itu pada wajarnya digunakan untuk beristirahat.

Dalam proses ibadah puasa manusia, bukan berarti ia harus meninggalkan tanggung jawabnya, sebagai apapun ia.

Sebagai kepala rumah tangga yang harus menafkahi keluargnya, sebagai pejabat Negara yang harus memenuhi segala tugas-tugasnya, dan lain sebagainya.

Halaman
123
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved