Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Kapolresta Kombespol Leonardus Simarmata Kukuhkan 25 Dai Kamtibmas Kota Malang, Ini Tujuannya

Polresta Malang Kota mengukuhkan Dai Kamtibmas di Aula Sanika Satyawada Mapolresta Malang Kota, Rabu (12/5/2021).

Polresta Malang Kota
Suasana kegiatan pengukuhan Dai Kamtibmas yang digelar di Aula Sanika Satyawada Mapolresta Malang Kota, Rabu (12/5/2021). 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Kukuh Kurniawan

SURYAMALANG.COM, MALANG - Polresta Malang Kota mengukuhkan Dai Kamtibmas di Aula Sanika Satyawada Mapolresta Malang Kota, Rabu (12/5/2021).

Tujuannya, untuk mewujudkan Kota Malang yang aman dan kondusif.

Ada sebanyak 25 orang yang dikukuhkan menjadi Dai Kamtibmas.

Kegiatan pengukuhan tersebut, langsung dihadiri oleh Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata mengatakan, peran dan kehadiran Dai Kamtibmas sangatlah penting di era globalisalisasi.

"Saat ini kita berada di era teknologi informasi dan globalisasi, dimana khilafiyah, keyakinan, dan paham radikalisme dapat didapat dengan mudah. Apabila ditelan mentah-mentah, akan bisa berdampak bagi kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, perlu kehadiran Dai Kamtibmas yang bisa menyampaikan dakwah-dakwah yang menyejukkan, dakwah-dakwah yang bersumber dari kitab suci Alquran dan Al-Hadits serta ulama yang menyebarkan Islam dengan cara rahmatan lil alamin, cinta NKRI dan kasih sayang antar sesama," ujarnya kepada TribunJatim.com (grup SURYAMALANG.COM).

Ia juga menegaskan, kehadiran Dai Kamtibmas sangat diperlukan oleh masyarakat.

"Dengan dikukuhkannya Dai Kamtibmas, diharapkan secara terstruktur dapat melakukan komunikasi dengan tokoh agama. Selain itu dengan kehadiran Dai Kamtibmas di tengah masyarakat, dapat mewujudkan Kota Malang yang aman dan kondusif serta merawat kebhinekaan," bebernya.

Sementara itu Kasubbag TU Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang, Muklis yang ikut dalam kegiatan pengukuhan mengajak para Dai Kamtibmas, untuk mengajarkan dan menyebarkan paham Islam moderat di masyarakat.

"Beri ceramah-ceramah kepada masyarakat, sehingga masyarakat yang mendengarkan ceramah menjadi sejuk, bukan malah terpecah belah. Dan bagi para Dai muda, mari manfaatkan perkembangan dunia digital untuk membuat konten melalui media sosial. Serta menyebarkan kebaikan, dengan memberikan ceramah singkat kepada masyarakat," imbuh Muklis.

Dirinya juga berpesan kepada para Dai Kamtbmas, untuk terus mengembangkan Islam yang moderat. Karena di era saat ini, masyarakat dapat mengakses berbagai informasi dari media sosial termasuk mengakses berita bohong (hoaks).

"Rangkul semua umat dan instansi pemerintah, agar tercipta keamanan dan ketentraman antar umat beragama di kota Malang. Dan kami berharap dengan adanya Dai Kamtibmas, Indonesia khususnya Kota Malang tetap aman dan kondusif," pungkasnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved