Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Diterapkan Juli 2021 Mendatang, Disnaker PMPTSP Kota Malang akan Gelar Simulasi OSS RBA

Disnaker PMPTSP Kota Malang bakal menggelar simulasi penerapan Online Single Submission-Risk Based Approach (OSS RBA) secara virtual

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: isy
rifky edgar/suryamalang.com
Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko. 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Kukuh Kurniawan

SURYAMALANG.COM, MALANG - Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker PMPTSP) Kota Malang bakal menggelar simulasi penerapan Online Single Submission-Risk Based Approach (OSS RBA) secara virtual.

Rencananya, kegiatan simulasi tersebut akan digelar pada Senin (31/5/2021) esok.

Kepala Bidang Pengendalian, Pengaduan, Data dan Informasi Disnaker PMPTSP Kota Malang, Dandung Djulharjanto mengatakan, simulasi tersebut akan diberikan kepada para pegawai Disnaker PMPTSP Kota Malang.

"Simulasi virtual ini, terkait dengan pelaksanaan OSS RBA nantinya. Kami juga sudah mengirim satu orang, untuk mengikuti pelatihan khusus OSS RBA tersebut. Tapi secara berkala, teman-teman nanti saling menularkan itu," ujarnya kepada TribunJatim.com (grup SURYAMALANG.COM), Minggu (30/5/2021).

"Simulasi penerapan OSS RBA secara virtual tersebut, dilakukan untuk memperkenalkan kebijakan terbaru dari pemerintah pusat. Jadi, pada saat tanggal 2 Juli diterapkan itu sudah tidak kaget. Misalnya, dashboard nya nanti seperti ini, untuk NIB (Nomor Induk Berusaha) seperti ini, proses perizinan berusaha seperti ini," bebernya.

Dirinya mengungkapkan, penerapan OSS RBA akan mempermudah masyarakat untuk mengurus izin usaha, sehingga nantinya dapat meningkatkan investasi di Kota Malang.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko menerangkan, uji coba OSS RBA akan dilakukan pada tanggal 2 Juni 2021.

"Insya allah akan di uji coba pada tanggal 2 Juni, dan untuk mandatori operasional pelaksanaannya pada tanggal 2 Juli," terangnya.

Sofyan Edi juga menambahkan, penerapan OSS RBA di Kota Malang sudah siap.

Tinggal pembenahan kendala-kendala teknis yang tidak berarti, dan akan segera tertangani dengan cepat dan tepat.

"Insya allah sudah siap tadi. Saya juga telah mengecek langsung ke Disnaker-PMPTSP, dan pihak Disnaker-PMPTSP sudah menyatakan kesiapan. Tinggal hal-hal yang bersifat teknis, kami siapkan dalam waktu dekat ini seperti kaitan dengan tempat, jaringan dan lain sebagainya. Selama ini juga OSS, cuma kami belum tahu kekuatan jaringan dengan sistem OSS yang baru ini," jelasnya.

Dirinya berharap, diterapkannya OSS RBA di Kota Malang dapat berjalan sesuai jadwal dari pusat, yakni masa uji coba yang dimulai pada tanggal 2 Juni 2021, dan akan mulai beroperasi secara menyeluruh pada tanggal 2 Juli 2021.

"Harapannya on schedule tanggal 2 Juni bisa di uji coba, dan tanggal 2 Juli langsung bisa mandatori dijalankan. Karena tujuannya, untuk kemudahan investasi juga," tandasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved