Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Pemkot Batu Akan Konfirmasi Isu Eksploitasi Pekerja Anak di SPI Pekan Depan

DPMPTSP-TK akan meninjau dan mengkonfirmasi langsung adanya informasi eksploitasi mempekerjakan anak di Sekolah Selamat Pagi Indonesia.

benni indo/suryamalang.com
Rombongan Komisi E DPRD Jatim dan Dindik Jatim ke Sekolah SPI di Kota Batu, Rabu (2/6/2021). 

SURYAMALANG.COM, BATU – Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP-TK) akan meninjau dan mengkonfirmasi langsung adanya informasi eksploitasi mempekerjakan anak di Sekolah Selamat Pagi Indonesia.

Mantan Kepala Bidang Ketenagakerjaan DPMPTSP-TK, Adiek Iman Santoso mengatakan hal tersebut sebelum dirinya dilantik menjadi Sekretaris Dinas Perhubungan pada Jumat pekan lalu.

"Per Jumat lalu saya dilantik dan diberikan amanah baru namun sebelumnya sudah saya terima langkah-langkah untuk menelaah dugaan eksploitasi. Nantinya akan dilanjutkan oleh pejabat pengganti saya," kata Dedek sapaan akrabnya.

Dedek menjelaskan langkah-langkah yang dilakukan untuk menelaah dugaan eksploitasi ekonomi di SMA SPI meliputi pengecekan atas izin pendirian dan persyaratan tempat usaha.

Lalu juga akan melakukan pengecekan pelatihan kerja di sana.

"Lalu akan melakukan tinjauan terhadap pola kurikulum dan tersedianya tempat praktek kerja dalam lingkungan sekolah tersebut,” imbuh Dedek.

Pengadaan pekerja telah diatur dalam pasal 68, 69, 70, 71, 72, 73 dan 74 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003. Kemudian penyedia pekerja harus mengikuti petunjuk teknis pelaksanaannya dalam Kepmenaker atau Permenaker.

"Kami akan segera melakukan pengecekan kesesuaian. Jika memang lokus tersebut mengadakan program pemagangan, apakah telah sesuai dengan yang terkait pemagangan diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor. PER. 22/MEN/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri,” ujarnya.

Pihaknya akan melakukan pemilahan tugas pekerjaan yang sesuai untuk pengembangan minat dan bakat anak remaja.

Hal tersebut juga sesuai dengan yang dipersyaratkan dalam peraturan perundangan ketenagakerjaan.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved