Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

80 Mahasiswa dari UMM, Universitas Brawijaya, Ma Chung Lolos Seleksi IISMA, Belajar ke Luar Negeri

Sejumlah mahasiswa dari tiga perguruan tinggi di Malang lolos seleksi program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) dari Kemendikbud

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: Adrianus Adhi
Machung.ac.id
Universitas Ma Chung 

SURYAMALANG.com, Malang - Sejumlah mahasiswa dari tiga perguruan tinggi di Malang lolos seleksi program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) dari Kemendikbud. Mereka dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Brawijaya dan Universitas Ma Chung.

Proses pendaftaran sejak 10 Mei dan diumumkan pada 28 Mei 2021. Sebelas mahasiswa tersebut nantinya akan berangkat ke negara tujuan masing-masing pada bulan Agustus dan September 2021. Di UMM ada 11 mahasiswa yang akan merasakan pengalaman pembelajaran di luar negeri.

Dr Latipun MKes, Kepala International Relation Office (IRO) UMM menjelaskan, IISMA diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

"Ada sebanyak 19 mahasiswa UMM yang mendaftar. Namun 11 orang berhasil melalui tahapan administrasi dan wawancara. Mereka akan belajar di sana selama enam bulan lamanya," terang Latipun, Kamis (17/6/2021).

Program ini merupakan bagian dari Internasionalisasi UMM. 11 Mahasiswa itu adalah Lutfiana Sausan, Rizky Juda Putra Hidayat, Ahda Mutiari Hifdhi dan Lucke Kharimah Pamungkas Saputro.

Lalu Solahudin Al-Ayubi, Farah Isnaini Mikli, Afiya Dianar Najla, Geralda Grevi Nanda Nisa' serta Widad Saniyya dan Indrawati serta Vivi Ariesta Nurjayanti. 

Sedang mahasiswa UB yang lolos di program ini ada 65 orang. Mereka berasal dari berbagai fakultas yang ada di UB. Dari FEB 3 orang, FH 5 orang, FIA 2 orang, FIB 14 orang, FISIP 15 orang, FK 2 orang, FMIPA 5 orang, FP 5 orang, FAPET 2 orang, FT 5 orang, dan FTP 7 orang.

"Mahasiswa-mahasiswa yang lolos, akan berkuliah selama satu semester di kampus-kampus yang menjadi mitra Dikti dan rankingnya Top 100 versi QS," jelas Sekretaris International Office (IO) UB, Karuniawan Puji Wicaksono PhD, Kamis (17/6/2021). Mereka akan disebar di Korea, Italia, Hungaria, Rumania, Malaysia, Polandia, Inggris, Mesir, AS, Taiwan, dan Thailand.

Mereka akan mulai kuliah pada semester baru di bulan Agustus atau September 2021. Selain berKesempatan belajar di luar negeri, mereka juga berkesempatan untuk mengambil subjek pembelajaran di luar program studi yang mereka pilih di Indonesia. Sony, panggilan akrabnya, menjelaskan, subjek-subjek yang ditawarkan pun tergolong subjek baru dan out of the box.

Seperti science making, social intelligence, new media literacy, cross cultural competency, virtual collaboration.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved