Breaking News:

Berita Lumajang Hari Ini

Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Klaim Angka Kriminalitas Turun Selama 2 Pekan PPKM Darurat

Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno, menyatakan selama PPKM Darurat diberlakukan justru membuat aksi kriminalitas menurun.

Penulis: Tony Hermawan | Editor: isy

Berita Lumajang Hari Ini
Reporter: Tony Hermawan
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | LUMAJANG - Sudah dua pekan PPKM Darurat diberlakukan di Lumajang.

Di tengah penerapan PPKM Darurat, masih terdengar masyarakat mengkritik aturan pembatasan, misalnya saja pemadaman lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah jalan protokol saat malam hari.

Banyak warga khawatir pemadaman dapat meningkatkan tindakan kriminalitas.

Namun, Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno, menyatakan selama PPKM Darurat diberlakukan justru membuat aksi kriminalitas menurun.

"Kami ndak menutup-nutupi ya, Alhamdulillah kira-kira 2 minggu ini tidak ada laporan pencurian atau kriminalitas. Maling sapi juga tidak ada," kata Eka.

Menurut Eka, faktor kriminalitas menurun karena petugas gabungan selalu rutin menggelar operasi yustisi setiap hari.

Selain itu, setiap malam petugas juga bergentayangan di jalanan untuk memantau masyarakat yang tak patuh protokol kesehatan.

"Mungkin sekarang pelaku-pelaku kriminal sekarang mikir polisi ada dimana-mana. Jadi takut mau berbuat, ya Alhamdulillah ini positifnya PPKM kalau motor di rumah ternyata aman," ujarnya.

Selain menurunnya tingkat kriminalitas, Eka juga menyebut imbas penutupan jalan dan pemadaman lampu rupanya dapat mengubah status mobilitas Lumajang yang sempat dinilai buruk.

Jika sebelumnya menyandang zona hitam, kini turun menjadi merah.

"Kalau bicara dampak pastinya tidak hanya di Lumajang saja ya, seluruh wilayah yang kena PPKM pasti merasakan tekanannya. Tapi inilah cara mengurangi mobilitas maupun penularan dengan memperluas pemadaman lampu dan penyekatan jalan. Alhamdulillah hasil dari upaya kami sekarang mobilitas Lumajang menjadi merah," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved