Breaking News:

Cek Nomor HP Anda yang Sudah Hangus, Jangan-jangan Sudah Aktif Lagi

Masih ingat dengan nomor HP anda yang sudah lama hangus? Coba cek, sebab jangan-jangan nomor anda tersebut sudah dipakai orang lain lho.

Editor: eben haezer
net
Ilustrasi. 

SURYAMALANG - Masih ingat dengan nomor HP anda yang sudah lama hangus? Coba cek dengan cara menelepon, sebab jangan-jangan nomor anda tersebut sudah aktif lagi namun dimiliki oleh orang lain. Mengapa demikian?

Ternyata, nomor-nomor HP yang sudah hangus dan tak lagi dipakai dalam jangka waktu tertentu, masih mungkin direaktivasi oleh operator seluler.

Hal ini terungkap setelah unggahan seseorang yang meminta pada provider untuk tidak lagi menjual nomor-nomor yang sudah tidak aktif, menjadi viral di Twitter.

Permintaan ini dia buat setelah mengetahui bahwa nomor HP-nya yang lama hangus, kini digunakan orang lain sebagai nomor Whatsapp.

"Dis! Please buat para perusahaan provider jangan re-use nomor yang sudah tidak aktif lagi. Udah banyak kejadian. Contoh kaya nomor aku yang udah tidak aktif eh tau tau pas di cek di wa ada orang lain yang pakai. Cuma takut disalah gunakan aja sih," tulis akun @AREAJULID di Twitter.

Menanggap postingan viral tersebut, Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsihi mengatakan bahwa nomor ponsel harus di-recycle karena nomor ponsel merupakan sumber daya terbatas milik negara yang dialokasikan ke operator seluler dalam bentuk alokasi NDC (National Destination Code).

"Recycle dilakukan terhadap nomor-nomor ponsel yang sudah tidak aktif digunakan dalam rentang waktu tertentu (melewati masa tenggang yagn sudah diberikan ke pengguna)," kata Tri wahyuningsih seperti dikutip dari Kompas.com, kemarin (25/7/2021).

Dia menambahkan, nomor yang tak aktif itu akan masuk masa karantina selama 60 hari untuk kemudian diberikan kepada pengguna yang baru.

Katanya, hal itu sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Kominfo nomor 14 tahun 2018 tentang rencana dasar teknis telekomunikasi nasional bab penomoran.

"Bahwa keamanan penggunaan atas nomor yang di-recycle tentu menjadi tanggung jawab pengguna nomor sebelumnya. Apalagi kalau nomor yang digunakan sebelumnya tersebut terhubung dengan layanan jasa keuangan perbankan dan sebagainya," lanjutnya.

Baca juga: Lokasi Vaksin Covid-19 di Malang Hari ini Senin 26 Juli 2021, Lengkap Cara Daftar & Nomor Teleponnya

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved