Breaking News:

Penanganan Covid

UPDATE Vaksin Merah Putih Unair, Sudah Uji Hewan Untuk Melawan Varian Covid-19 Termasuk Delta

Meski proses Uji Hewan terkendala, Vaksin Merah Putih Unair diyakini tetap bisa mengejar target untuk masuk tahap Uji Klinis di bulan September.

Penulis: sulvi sofiana | Editor: Dyan Rekohadi
Shutterstock via Kompas
ILUSTRASI 

SURYAMALANG.COM , SURABAYA - Universitas Airlangga (Unair) memberi bocoran informasi terkini proses penelitian pembuatan vaksin Covid-19 yang diberi nama Vaksin Merah Putih.

Saat ini proses penelitian masih memasuki tahapan uji hewan.

Tahapan di pengujian vaksin pada hewan ini memakan waktu cukup panjang karena tim peneliti menghadapi kendala.

Meski proses Uji Hewan terkendala, Vaksin Merah Putih Unair diyakini tetap bisa mengejar target untuk masuk tahap Uji Klinis di bulan September.

Prof Moh Nasih, Rektor Unair mengatakan saat ini pengembangan vaksin metode inactiveted virus memang mengalami keterlambatan progres karena beberapa kendala dalam sistem dan skema riset. 

"Saat ini masih dalam tahap uji hewan makaka, ya masih ditahap itu karena mengalami beberapa kendala," ujar Prof Nasih, Selasa (27/7/2021).

Ia memaparkan kendala yang dihadapi yakni hewannya susah dicari.

Dari 40 Makaka yang ada, tidak banyak yang layak uji, saat ini cuma ada 5 makaka yang lolos dan layak uji.

"Proses mencari makaka itu yang lama, harus nunggu bukan hitungan minggu tapi bulan, ya sistemnya begitu masihan tidak bisa cepat, kalau ada kekurangan apa harus nunggu lama untuk memenuhan bahannya," tambahnya.

Uji hewan ini merupakan uji tantang vaksin terhadap virus dengan medium hewan Makaka, yakni hewan makaka diimunisasi dengan vaksin.

Halaman
123
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved