Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Menko UMKM akan Salurkan Bansos BPUM ke Pelaku UMKM Kota Malang, Ini Syarat dan Pendaftarannya

Menko UMKM akan menyalurkan Bantuan Pelaku Usaha Mikro kepada (BPUM) bagi para IKM dan UMKM di Kota Malang.

Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah | Editor: isy
Menko UMKM
Poster Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI (Menko UMKM) yang akan menyalurkan Bantuan Pelaku Usaha Mikro kepada (BPUM) bagi para IKM dan UMKM di Kota Malang. 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Rifky Edgar
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | MALANG - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI (Menko UMKM) akan menyalurkan Bantuan Pelaku Usaha Mikro kepada (BPUM) bagi para IKM dan UMKM di Kota Malang.

Penyaluran bantuan ini dilakukan, karena adanya perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) se-Jawa dan Bali.

Bantuan tersebut berupa uang tunai sebesar Rp 1,2 juta yang diberikan kepada IKM dan UMKM di kabupaten kota.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang, Sailendra, mengatakan sebelum bantuan tersebut disalurkan, pihaknya diminta untuk memfasilitasi proses pendaftarannya.

Pendaftaran ini dilakukan melalui online di http://bit.ly/BPUMKOTAMALANG2021 atau melihat media sosial milik Diskoperindag Kota Malang, di mana IKM dan UMKM diharuskan untuk mendaftarkan diri terlebih dulu sesuai dengan persyaratan yang berlaku.

"Intinya di sini kami hanya memfasilitasi saja. Siapa nanti penerimanya itu wewenangnya dari Menko UMKM," ucap Sailendra kepada SURYAMALANG.COM Rabu (4/8/2021).

Pada tahun 2020 lalu, ada sekitar 15.000 pelaku yang telah mendaftarkan di ke Diskoperindag Kota Malang untuk mendapatkan bansos.

Sedangkan di 2021 ini, baru ada 6.000 an pelaku usaha yang mendaftar diri.

Jumlah ini kemungkinan bisa bertambah, karena pendaftaran bansos ini berkahir sampai 11 Agustus 2021 tepat pukul 12:00 WIB.

"Sebenarnya jumlah pelaku usaha di kami yang berizin dan terdata itu ada sekitar 8.000 an. Untuk urusan nanti berapa yang mendaftar maupun siapa penerimanya itu wewenangnya langsung dari pusat," ucapnya.

Sailendra menambahkan, bahwa pemberian bantuan ini berdasarkan Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Nomor 2 Tahun 2021 tentang Pedoman Umum Penyaluran Bantuan Pemerintah bagi Pelaku Usaha Mikro.

Dengan tujuan, BPUM Pelaku Usaha Mikro dapat menjalankan usaha di tengah krisis akibat pandemi COVID-19 dalam rangka prrgram Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Berikut ini Persyaratan dalam mendaftarkan diri mendapatkan BPUM:

1. Warga Negara Indonesia
2. Memiliki Kartu Tanda Penduduk Kota Malang (e-KTP)
3. Memiliki Kartu Keluarga (KK)
4. Memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB)
5. Bukan berstatus sebagai ASN, TNI, Kepolisian, BUMN dan BUMD
6. Pelaku usaha SEDANG TIDAK menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR)
7. Bagi Pelaku Usaha yang sudah pernah mendaftar di periode sebelumnya, belum bisa mendaftar pada periode ini.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved